PKM-PM untuk Orang Tua Dengan Anak Berkebutuhan Khusus

239 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Mahasiswa FK Unud mengadakan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) berjudul “Program Manajemen Stres Berbasis Law of Attraction Pada Orang Tua Dengan Anak Berkebutuhan Khsusus di Yayasan Widya Guna Bali” yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Kegiatan berlangsung pada 14-30 Agustus 2023 di Yayasan Widya Guna Bali, Gianyar dengan tim pelaksana 5 orang mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners (PSSKPPN) Angkatan 2020 dan 2021, diantaranya:

1. Ni Luh Putu Arista Supadmi (Mahasiswa PSSKPPN Angkatan 2021)

2. Ni Gusti Ayu Made Aprillia Adwinayanti (Mahasiswa PSSKPPN Angkatan 2021)

3. Kadek Wanda Meliana (Mahasiswa PSSKPPN Angkatan 2021)

4. Ni Wayan Regitha Widiastuti (Mahasiswa PSSKPPN Angkatan 2020)

5. Ni Putu Aggri Sugi Agestina (Mahasiswa PSSKPPN Angkatan 2020)

Sedangkan dosen yang mendampingi adalah Dr. Ns Putu Ayu Sani Utami SKep MKep Sp Kep Kom.

PKM-PM ini bertujuan untuk membantu para orang tua dengan anak berkebutuhan khusus dalam mengatasi stres yang dialami selama mengasuh anak. Tim memilih kegiatan scripting (menulis jurnal syukur), affirmation (afirmasi positif), dan visualization (mengimajinasikan) dengan mengacu pada hukum alam semesta Law of Attraction, yakni segala sesuatu yang baik akan menarik hal yang baik pula. Selain itu, para orang tua juga diajak untuk senam, yoga sawasana, hingga pijak refleksi tangan selama 8 kali pertemuan. (LA-Yog)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *