Kamis, Juli 18, 2024
BerandaPendidikanFISIP Unud Gelar Workshop Manajemen Jurnal Prodi Berbasis Open Journal System

FISIP Unud Gelar Workshop Manajemen Jurnal Prodi Berbasis Open Journal System

Denpasar, LAKSARA.ID – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana pada hari Rabu, tanggal 6 April 2022 menyelenggarakan workshop manajemen jurnal prodi berbasis Open Journal System (OJS) yang bertempat di aula FISIP, Kampus Sudirman. Workshop ini menghadirkan narasumber Drh. I Wayan Nico Fajar Gunawan, M. Sidari Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah Universitas Udayana dan Richard Togaranta Ginting, S.Sos, M.Hum sebagai moderator. Dengan dihadiri oleh perwakilan masing-masing jurnal prodi di lingkungan FISIP, kegiatan ini menjadi sebuah momentum untuk perbaikan kualitas dan manajemen pengelolaan jurnal.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FISIP, Putu Nomy Yashinta, S.Sos. MPA, kegiatan pelatihan jurnal dengan sistem pengelolaan yang baik sangat penting untuk dilaksanakan mengingat jurnal adakah media publikasi bagi karya ilmiah serta sarana diseminasi pengetahuan yang terus berkembang. Saat ini, FISIP telah memiliki satu jurnal yang telah terakreditasi SINTA yaitu Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika dan diharapkan jurnal-jurnal prodi di FISIP akan mengikuti jejak dari Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika.

Dalam paparan materi yang disampaikan narasumber, pengelolaan jurnal dengan sistem OJS memiliki poin yang sangat menentukan dalam penilaian akreditasi jurnal. Jurnal yang dikelola dengan baik akan menjalankan editorial workflow mulaidari proses submission hingga publishing naskah jurnal dengan proses review sesuai alur dari mitra bestari. Para peserta pelatihan diajak untuk secara langsung mempraktekkan alur editorial workflow dari awal hingga akhir. Penguasaan yang baik akan alur editorial menjadi kunci pengelolaan jurnal. Para peserta menunjukkan antusiasme dan partisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan sertifikat kepada narasumber. (LA-010)

Sumber: www.unud.ac.id

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments