FKH Unud Adakan Kuliah Umum, Bahas ‘Breeding’ Anjing Kintamani

48 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Himpunan Mahasiswa Minat dan Profesi Pet Learning Organization (P-LO) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana (Unud) mengadakan kuliah umum secara online pada Minggu, 27 Maret 2022.

Pada kuliah umum tahun ini P-LO mengangkat tema yang menarik yaitu ‘Explore The Potential of Kintamani Dog Breeding and Its Breeding Technique’. Topik ini sangat menarik dikarenakan semakin meningkatnya minat orang dalam mengembangbiakkan Anjing Kintamani.

Peningkatan minat tersebut dikarenakan Anjing Kintamani telah diakui sebagai ras dunia oleh Fédération Cynologique Internationale (FCI).

Acara kuliah umum yang diawali dengan pembukaan, menyanyikan Indonesia Raya dan pembacaan doa, dimulai pada pukul 10:00 Wita setelah para peserta join ke dalam room virtual webex dan registrasi. Dilanjutkan dengan laporan ketua panita, sambutan dari Ketua Minpro P-LO, sambutan dari Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKH Unud, sambutan  pembina Minpro PLO, dan diakhiri dengan beberapa patah kata dari Dekan FKH Unud Prof Dr Drh I Nyoman Suartha MSi yang sekaligus membuka secara resmi acara tersebut.

Masuk ke sesi utama yaitu pemaparan materi oleh narasumber yaitu Ny Beatrice Prihatna yang merupakan seorang breeder Anjing Kintamani yang sudah sangat berpengalaman. Presentasi materi yang disampaikan adalah mengenai teknik breeding Anjing Kintamani yang diterapkan pada kennel. Selain itu, Ny Beatrice juga berbagi pengalaman dalam menjalankan bisnis pada kennel miliknya.

Setelah pembawaan materi, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Para peserta mengikuti sesi diskusi dengan antusias, selain itu juga ada games yang dapat diikuti oleh peserta. Pada akhirnya, acara ditutup dengan sesi foto bersama yang dipandu oleh panitia.

Dengan dilaksanakannya kuliah umum ini diharapkan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dapat mengenal lebih jauh Anjing Kintamani sebagai salah satu plasma nutfah dari Bali. Hal ini ditekankan oleh Ilham selaku ketua panitia.

Ilham menyampaikan harapanya mengenai aktivitas ini. “Secara pribadi saya ingin agar kita (mahasiswa) lebih paham industri yang mungkin kita masuki setelah lulus kuliah. Kita hampir selalu pelajari mengenai jadi dokter hewan di klinik, atau di peternakan baik sapi maupun unggas. Jadi kami ingin tunjukin seluk beluk alternatif lain, yaitu industry breeding, utamanya breeding Anjing Kintamani,” ucapnya.  (LA-DP)

Sumber: (www.unud.ac.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *