LAM-PTKes Gelar Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Ilmu Bedah FK Unud

203 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melakukan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi program studi Spesialis Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Hal ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan serta layanan.

Bertempat di ruang Dr AA Made Djelantik Kampus Unud Denpasar, Assessment Lapangan oleh LAM-PTKes diselenggarakan pada tanggal 28 dan 29 Maret 2022 dengan 2 orang Asesor yaitu dr Nurcahya Setyawan SpB-KBD (Assesor 1) dan dr Bermansyah SpB(K)FCSI SpBTKV(K)VE (Assesor 2).

Acara diawali dengan sambutan Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unud, Dr dr Komang Januartha Putra Pinatih MKes dan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Informasi Unud Prof Dr dr I Putu Gede Adiatmika MKes.

Dekan FK Unud menyampaikan, dalam upaya mendukung visi misi prodi, sistem penjaminan mutu sangatlah penting guna memastikan standar yang berlaku telah terlaksana dengan baik. Penjaminan mutu dari pihak eksternal diharapkan dapat memberikan potret yang lebih objektif sehingga bisa memberikan masukan sebagai panduan untuk melakukan upaya perbaikan di program studi.

“Sistem penjaminan mutu eksternal dapat menilai perkembangan upaya pengembangan yang telah dilakukan oleh pengelola program studi, di mana ini merupakan bekal untuk pengembangan program studi menjadi lebih baik. Mudah-mudahan dengan upaya bersama ini, kita bisa meningkatkan proses pembelajaran untuk mencapai visi misi yang sudah ditetapkan.” kata Dr Januartha.

Sementara Prof Adiatmika mengatakan program studi di Universitas Udayana yang sedang berproses terakreditasi A, dan didorong untuk mengikuti akreditasi internasional. Universitas sangat mendukung rencana kerja yang sesuai dengan visi dan misi universitas.

Universitas sangat mendukung Fakultas Kedokteran karena merupakan fakultas yang berkontribusi besar untuk universitas. “Dengan dukungan ini, harapannya program studi di FK Unud dapat berkembang lebih baik lagi. Semoga akreditasi hari ini akan berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil terbaik sesuai yang diharapkan,” ucap Prof Adiatmika.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Direktur Utama RS Unud, Ketua LP3M Unud, Ketua USDI, Ketua Perpustakaan Unud, para Wakil Dekan FK Unud, para Ketua Departemen, para Koordinator Program Studi, para Koordinator Unit, dan seluruh Tim Task Force Akreditasi.

Agenda assessment hari ini adalah ;
1. Pertemuan Tim Asesor dengan pimpinan Unit Pengelola Program Studi, dan Wahana Praktik
2. Presentasi dan klarifikasi oleh pimpinan Unit Pengelola Program Studi
3. Diskusi Tim Asesor dengan pimpinan Unit Pengelola Program Studi
4. Wawancara dan asesmen terhadap kecukupan dosen yang mengajar pada program studi.
5. Wawancara dan asesmen terhadap kecukupan tenaga kependidikan tentang pelayanan akademik dan non-akademik.
6. Wawancara dan asesmen dengan mahasiswa yang mewakili semua mahasiswa dari setiap angkatan tentang pelayanan akademik dan non-akademik.
7. Kunjungan ke skill lab, laboratorium, sarana prasarana, wahana satelit dan RS Jejaring.  (LA-DP)

Sumber: (www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *