Kamis, Juli 18, 2024
BerandaDaerahGede Dana Ajak Generasi Muda Bumikan Empat Pilar Kebangsaan

Gede Dana Ajak Generasi Muda Bumikan Empat Pilar Kebangsaan

Amlapura, Laksara.id – Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana, mengajak generasi muda Karangasem untuk terus membumikan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka tunggal Ika. Hal itu disampaikannya saat menghadiri pelantikan pengurus DPC Persadha Nusantara, yang disinkronkan dengan sarasehan menyongsong Hari Sumpah Pemuda, pada Sabtu (26/10).

Selain Gede Dana, juga hadir sebagai narasumber wakil bupati I Wayan Artha Dipa, serta perwakilan dari kodim 1623/Karangasem. Gede Dana mengatakan, disaat Empat pilar sudah mulai terganggu, dan radikalisme mulai berkembang, peranan generasi muda diharapkan untuk terus membumikan empat pilar di lingkunganya. “Dulu pendiri bangsa kita mempersatukan nusantara karena kita berbeda-beda, sekarang tugas generasi muda adalah menjaganya,” ujar Gede Dana.

Gede Dana mengaku salut dengan gerakan generasi muda Karangasem yang mulai bergerak kembali untuk membumikan Pancasila. Ia juga menilai, di Karangasem toleransi sudah sangat baik, akan tetapi perlu ditingkatkan lagi untuk menjadi contoh bagi daerah lainnya. “Kuncinya kokohnya NKRI adalah ekonomi dan pendidikan. Kalau perekonomian baik, pendidikan baik saya yakin NKRI akan tetap berdiri,” ujarnya.

Selain itu, peranan pemerintah dalam menjaga NKRI tidak bisa dilepaskan dari peranan pemerintah. Ia juga mencontohkan, bagaimana mengoptimalkan sekaa teruna teruni di banjar dapat menjadi tonggak untuk menjaga empat pilar ini. “Sebagai ketua DPRD mendorong anggaran untk desa adat dan sekaa truna truni, karena sekaa truna truni menjadi tonggak untuk menjaga empat pilar. Jika pemerintah mau menganggarkan, jika masuk ke DPRD saya yang pertama menyetujui,” ujarnya lagi.

Sementara wakil bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa sangat setuju untuk kembali membumikan Pancasila di masyarakat. Berdirnya bangsa Indonesia juga tidak lepas dari perjuangan para pendiri bangsa dengan semangat kebersamaan. “Persatuan tidak saja hanya diomongkan namun harus di laksanakan dalam setiap kesempatan,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua DPD Persadha Nusantara wilayah Bali, Ketut Saitanju, mengatakan, kehadiran Persadha Nusantara di Karangasem diharapakan dapat memberikan kontribusi untuk pembangunan di Karangasem. Pihaknya juga mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran narasumber dan peserta. “Organisasi kami sudah nerbadan hukum yang sah, adanya di Karangasem dapat memberikan kontribusi yang baik kepada kabupaten yang kita cintai,” ujarnya. (LA-010)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments