Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaAdvertorialPramuka Peduli Buleleng Lakukan Penguatan, Gede Suyasa Harapkan Peningkatan SDM Generasi Muda

Pramuka Peduli Buleleng Lakukan Penguatan, Gede Suyasa Harapkan Peningkatan SDM Generasi Muda

Buleleng, LAKSARA.ID – Meningkatkan kemampuan anggota dan sumber daya pendukung, Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng, selama tiga hari, Jumat – Minggu, 5 – 7 Juli 2024 melakukan penguatan kapasitas pengurus dengan mengusung tema ‘Pramuka Peduli Siap Bersinergi Antar Sesama dan Lingkungan’ di Agrowisata Lalangan, Desa Sawan, Kecamatan Sawan, Buleleng.

Kegiatan penguatan kapasitas Pengurus Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng tahun 2024 dilaksanakan dalam bentuk perkemahan dengan melibatkan 60 peserta yang terdiri dari 40 peserta Pramuka peduli dan 20 orang panitia kegiatan dan dibuka secara resmi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng, Drs Gede Suyasa, M.Pd.

Kakwarcab Gede Suyasa menyebutkan, Gerakan Pramuka bertujuan menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, memiliki kecerdasan dan ketrampilan yang tinggi, sehat jasmani serta bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya, salah satunya melalui Pramuka Peduli.

“Untuk itu, saya mengajak anggota Pramuka untuk senantiasa mengabdikan diri pada gerakan pramuka sesuai dengan janji tri satya dan dasa darma serta sesuai dengan tagline pramuka peduli berbakti tanpa henti yang diwujudkan dengan berbagai kegiatan kepedulian baik terhadap sesama, lingkungan maupun masalah bencana yang terjadi di masyarakat,” ujar Suyasa yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng.

Pramuka peduli sebagai bentuk kepedulian Pramuka dalam menghadapi situasi yang tidak menguntungkan bagi sebagian masyarakat diharapkan mampu diaplikasikan dalam bentuk aksi pramuka peduli yaitu kegiatan bakti pramuka bersama-sama masyarakat, pemerintah, serta lembaga swadaya dan organisasi masyarakat lainnya yang terintegrasi dan dikoordinasikan oleh gerakan pramuka untuk mengembangkan sumber daya manusia, penanggulangan bencana, dan pelestarian lingkungan hidup.

“Saya mengharapkan Pramuka Peduli kwartir cabang Buleleng menjadi motor penggerak untuk melakukan edukasi kepedulian antar sesama manusia melalui program bumbung kemanusiaan yang diwujudkan dengan program bedah rumah untuk masyarakat miskin ekstrem yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng,” ajaknya didampingi Waka Kwarcab Putu Kariaman Putra yang juga Kadis Sosial Kabupaten Buleleng.

Selain kegiatan peningkatan kapasitas yang dilakukan selama tiga hari, langkah nyata yang dilakukan Pramuka Peduli Buleleng juga diwujudkan melalui kegiatan bedah rumah masyarakat miskin ekstrem melalui bumbung kemanusiaan dengan membangun empat unit rumah layak huni di Desa Panji Anom Kecamatan Sukasada dan Desa Tejakula Kecamatan Tejakula.

“Saya berharap program ini terus bisa dilaksanakan dan ditingkatkan yang menyasar masyarakat miskin ekstrem di Kabupaten Buleleng lewat program bumbung kemanusiaan. Mudah-mudahan momentum kegiatan penguatan kapasitas Pramuka Peduli ini akan memberikan semangat baru, sekaligus mengingatkan kembali kepedulian kita dengan sesama sebagai upaya memajukan Gerakan Pramuka, guna meningkatkan SDM generasi muda agar mampu menghadapi berbagai tuntutan perkembangan jaman untuk mewujudkan kabupaten buleleng yang maju dan sejahtera,” tegasnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana, Komang Ega Cidrawan menyebutkan, kegiatan Penguatan Kapasitas Pengurus Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng tahun 2024 diharapkan dapat menumbuhkembangkan semangat kerelawanan dan kesetiakawanan sosial, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus Pramuka Peduli.

“Adapun yang menjadi penguatan selama tiga hari ini terkait manajemen resiko, upaya mitigasi bencana dan kebakaran, evakuasi korban, serta penyusunan program kerja sehingga dapat memperkuat kapasitas Pengurus Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng,” ujar Ega.

Dalam pelaksanaan penguatan selama tiga hari melibatkan Pusdiklatcab Pasupati Kwarcab Buleleng, Basarnas Pos Buleleng, Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD Kabupaten Buleleng termasuk pemahaman berkaitan dengan Pramuka Peduli. (LA-KS)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments