Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaBulelengMembanggakan, Buleleng Raih Juara 3 Hadang Putra dan Putri Jantra Tradisi VI

Membanggakan, Buleleng Raih Juara 3 Hadang Putra dan Putri Jantra Tradisi VI

Buleleng, LAKSARA.ID – Perjuangan gigih dari perwakilan anak-anak Kabupaten Buleleng dalam mengikuti Pacentokan (Lomba) Olahraga Tradisional Jantra Tradisi Bali IV Pesta Kesenian Bali XLVI Tahun 2024 berbuah manis dengan meraih Juara 3 pada cabang Lomba Hadang Putra dan Putri yang berlangsung selama 2 hari sejak Jumat, (28/6) dan Sabtu, (29/6) bertempat di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung Denpasar.

Dalam kegiatan Jantra Tradisi tersebut juga terdapat permainan lain yaitu Terompah Putri dan Deduplak Putra yang di wakili oleh siswa siswi dari SMP Negeri 1 Sawan, Kecamatan Sawan.

Ditemui usai kegiatan, Pembina tim Olahraga Tradisional Kabupaten Buleleng, Putu Budiarta Mandala menjelaskan bahwa proses latihan untuk semua olahraga tradisional ini dimulai dari bulan lalu.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi pun beragam, mulai dari pemilihan peserta yang sesuai dengan kriteria dan melatih kemampuannya dari awal karena ada beberapa cabang olahraga baru yang diikuti Buleleng seperti Deduplak.

“Ya karena Buleleng baru mengikuti cabor tersebut agak kesusahan disana ya, namun kita tetap terus mencoba dan menambah pengalaman di sini,” katanya.

Pihaknya menambahkan jika proses latihan khusus seminggu dua kali dengan mengambil tempat di Pantai Giri Emas dengan latihan ketahanan dan kelincahan di pasir sehingga anak – anak bisa siap di medan lapangan seperti sekarang.

“Ya semoga pelatihan sejak dini atau mencari bibit dalam olahraga tradisional seperti ini bisa diaplikasikan di berbagai sekolah di Buleleng dan jika bisa sejak Sekolah Dasar sudah dilatih melalui ekstrakurikuler sehingga bisa siap pada waktu yang dibutuhkan,” harapnya. (LA-KS)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments