Rangkaian Kegiatan Communication Events 2023 Oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unud

261 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Communication Events merupakan salah satu program tahunan dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Udayana (HIMANIKA). Tahun ini, Seminar Nasional COMMET (Communication Events) mengusung tema “Modern World: A Creative Entrepreneurship To The Digital Marketing Society. Harapannya ialah agar nantinya dapat menambah wawasan kita semua terutamanya anak muda, untuk bisa explore diri dalam dunia digital marketing. Kegiatan Communication Events tahun ini berlangsung selama kurang lebih 4 bulan mulai dari, open recruitment panitia, pelaksanaan roadshow lomba news presenter dan lomba public relations, hingga hari puncak ditutup dengan acara yang sangat luar biasa yakni Seminar Nasional.

Tepat pada tanggal, 5-6 Agustus 2023 kemarin merupakan final lomba News Presenter dan Public Relations. Tahun ini, kegiatan lomba mengangkat tema yang tentunya masih berkaitan dengan tema besar acara Communication Events tahun ini. Tema yang diangkat adalah “A Journey to Explore The World of Digital Marketing.” Antusias yang sangat luar biasa dari peserta lomba tahun ini melebihi ekspektasi dari para panitia. Final 5 besar kategori lomba public relations berlangsung secara online melalui zoom meeting, yang dihadiri oleh 5 tim peserta yang tersebar di beberapa daerah Indonesia, panitia, serta ketiga juri yang tentunya sangat berpengalaman dalam dunia PR. Adapun finalis 5 besar lomba PR ini, mempresentasikan materi yang telah dirancang sebelumnya, lalu dinilai secara langsung oleh para dewan juri. Setelah itu, diperoleh 3 tim yang berhasil menjadi pemenang diantaranya Juara 1 dari Tim Highlight Me – Universitas Padjadjaran, Juara 2 dari Tim Pecel Purnama – Universitas Negeri Surabaya dan Juara 3 dari Tim Mau Lulus – UPN Veteran Jawa Timur. Berbeda dengan lomba Public Relation, lomba News Presenter dilaksanakan secara offline yang berlokasi di Aula Gedung Fisip, kampus Sudirman-Denpasar.

Para finalis TOP 5 besar akan menyelesaikan tantangan selanjutnya untuk bisa merebut posisi 3 besar. Saat hari H Para finalis akan mengambil undian naskah berita yang akan dibawakan dan dinilai secara langsung oleh 3 juri hebat dan tentu berpengalaman dalam dunia News Presenter sehingga diperoleh 3 orang terbaik sebagai juara dan 1 orang sebagai juara favorit diantaranya Juara 1 diraih oleh Putu Ayu Githa Adnyani Putri dari SMKN 1 Mas Ubud, Juara 2 diraih oleh Ni Luh Putu Ceni Anggreni dari Universitas Udayana, Juara 3 diraih oleh I Gusti Ayu Chintya Pradnyadewi dari peserta Umum dan Juara Favorite diraih oleh Ni Made Lifia Kristina dari Universitas Udayana. Setelah acara lomba berakhir dengan sukses. Tepat, 19 Agustus 2023 merupakan puncak acara Communication Events 2023. Puncak acara diisi dengan Seminar Nasional yang menghadirkan 3 orang pembicara yang tentunya mempunyai banyak pengalaman dalam dunia digital marketing. Pembicara pertama Barlie Ve (Founder 5758 Creative Lab) pembicara ke-2 Fadil Aditya (Digital Marketer & Founder Kampus Marketing) dan pembicara ke-3 Metta Puspita (Founder Orlena Lycious).

Kegiatan Seminar Nasional ini juga dihadiri oleh Koordinator Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana Ibu I Dewa Ayu Sugiarica Joni, S.Sos., MA yang sekaligus membuka acara Seminar Nasional Communication Events 2023 secara resmi melalui pemukulan gong sebanyak 3 kali. Selain Ibu Ida Joni, terdapat juga beberapa dosen di lingkungan Ilmu Komunikasi Udayana, dihadiri juga oleh rekan-rekan media, seperti Media RRI Denpasar, Media Radar Bali, serta jajaran ormawa di lingkungan Universitas Udayana turut serta menyaksikan Seminar Nasional kali ini. “Kegiatan ini untuk membuka wawasan baru bagi peserta terkait dengan dunia digital. Terlebih untuk saat ini ada fenomena generasi muda yang sudah mulai berkecimpung di dunia bisnis disamping menjalankan kuliah. Sehingga dengan hadirnya 3 pembicara pada hari ada yang dari agency, advertising dan entrepreneur saya pikir bisa menambah banyak insight baru kepada mahasiswa yang hadir pada hari ini.” Ungkap Ibu Ida Joni dalam sambutannya, Sabtu (19/8/23).

Sesi Talk Show berlangsung dengan sangat menginspirasi dipandu oleh 2 moderator cantik. Banyak sekali pengalaman yang disampaikan oleh pembicara hari ini mulai dari perjalanan beliau hingga ada di titik sekarang, tips dan trik dalam pembuatan konten yang menarik serta strategi awal yang harus dimiliki dalam dunia digital marketing. Pembawaan materi yang menarik tentu memicu semangat dari para peserta untuk mengajukan pertanyaan terlebih lagi sebagai penanya akan mendapatkan free voucher dari panitia dan E-book gratis dari salah satu pembicara, yakni Fadil Aditya. Sebagai closing statement dari ketiga pembicara, Metta Puspita mengungkapkan, “fokus saja dulu ke diri sendiri, mulai bangun personal branding dan tanpa kita sadari kita sudah sampai aja di feeds yang kita inginkan.” Sabtu (19/8/23).

Menyambung apa yang disampaikan oleh Metta, Barlie Ve juga mengungkapkan, “jangan pernah merasa kecil meskipun bukan dari kota besar dan jangan kapok mumpung masih muda.” Sabtu (19/8/23). Tak kalah menarik Fadil Aditya juga turut mengungkapkan, “ayo lakukan 3 M (Mental, Mentor dan Mulai aja) serta lakukan semuanya dengan iman dan senyuman” Sabtu (19/8/23). Semoga dengan adanya kegiatan Communication Events ini, bisa selalu memberikan banyak wawasan kepada lebih banyak orang lagi terutama generasi muda, serta setiap tahunnya mampu menghadirkan pembicara yang tak kalah menarik dari sebelum-sebelumnya. (LA-Yog)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *