Hilirisasi Penelitian, Peneliti FKH Serahkan Program Sampi Digital kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung

165 Views

Badung, LAKSARA.ID – Kamis, 20 Oktober 2022 dilaksanakan Acara Penyerahan Program Komputer Sidewi.id atau SAMPI DIGITAL oleh Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, bertempat di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Mangupura, Badung.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Badung, Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Kepala Bidang di Lingkungan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Kepala UPT Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, PPL Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Dr. drh. Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi, M.Biomed sebagai Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dan Ketua Inventor program Komputer Sidewi.id, serta Dr. IGNB Trilaksana sebagai Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dan tim Program. 

Program Sidewi.id adalah sistem pencatatan digital sapi yang memiliki fitur lengkap untuk pencatatan data ternak sapi :identitas kepemilikan, perkawinan, data sapi (betina, pejantan, pedet), pertumbuhan (lingkar dada, Panjang badan, tinggi tanggung, berat badan, BCS) , data reproduksi (inseminasi, kawin alam,kebuntingan,kelahiran), data kesehatan (vaksinasi).Sistem digitalisasi yang terintergrasi dengan manajemen pemeliharaan di sentra peternakan Sobangan akan digunakan sebagai manajemen smart farming. Hal ini akan memudahkan dalam pelaksanaan pendataan ternak untuk menuju ternak tersertifikasi nasional sehingga Sentra Ternak Sobangan dapat dijadikan sebagai center of execellen sapi bali.

IndonesiaBERITA FAKULTAS KEDOKTERAN HEWANHilirisasi Penelitian, Peneliti FKH Serahkan Program Sampi Digital kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten BadungDipostkan Oleh Fakultas Kedokteran Hewan 21 Oktober 2022 Telah dibaca 15 kali Kamis, 20 Oktober 2022 dilaksanakan Acara Penyerahan Program Komputer Sidewi.id atau SAMPI DIGITAL oleh Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, bertempat di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Mangupura, Badung.Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Badung, Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Kepala Bidang di Lingkungan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Kepala UPT Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, PPL Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Dr. drh. Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi, M.Biomed sebagai Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dan Ketua Inventor program Komputer Sidewi.id, serta Dr. IGNB Trilaksana sebagai Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dan tim Program. Program Sidewi.id adalah sistem pencatatan digital sapi yang memiliki fitur lengkap untuk pencatatan data ternak sapi :identitas kepemilikan, perkawinan, data sapi (betina, pejantan, pedet), pertumbuhan (lingkar dada, Panjang badan, tinggi tanggung, berat badan, BCS) , data reproduksi (inseminasi, kawin alam,kebuntingan,kelahiran), data kesehatan (vaksinasi).Sistem digitalisasi yang terintergrasi dengan manajemen pemeliharaan di sentra peternakan Sobangan akan digunakan sebagai manajemen smart farming. Hal ini akan memudahkan dalam pelaksanaan pendataan ternak untuk menuju ternak tersertifikasi nasional sehingga Sentra Ternak Sobangan dapat dijadikan sebagai center of execellen sapi bali Acara berlangsung selama 2 jam yang dimulai dengan Sambutan serta Pembukaan dari Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, dilanjutkan dengan pemaparan latar belakang dan roadmap Sistem Informasi Data Elektronik Sapi (Sidewi.id) oleh Ketua Inventor program Dr. drh. Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi, M.Biomed. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si yang dalam hal ini sekaligus menyerahkan program komputer Sidewi.id secara resmi kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung yang diwakili oleh Bapak I Wayan Wijana, S.Sos., M.Si sebagai Kepala Dinas . Setelah sambutan Dekan FKH Unud acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yaitu menyampaikan saran serta masukan untuk meningkatkan program Sidewi.id ini.Ketua Penemu program Sidewi.id, Dr. drh. Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi, M.Biomed menambahkan “Dengan penerapan sistem Sidewi.id di sentra ternak sobangan sebagai pilot project, diharapkan sentra ternak sobangan akan dijadikan percontohan kabupaten lain di Bali untuk penerapan manajemen smart farming”. (LA-Yog)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *