Penjabat Bupati Lihadnyana Harapkan Peran TP PKK dan Dekranasda Berdampak Positif untuk Perekonomian Buleleng

58 Views

Buleleng, LAKSARA.ID – Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana,MMA., melantik sekaligus mengukuhkan Pj. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP) PKK Kabupaten Buleleng dan sekaligus menjadi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekransda) Ny. Paramita Lihadnyana dan pengurs TP PKK Kabupaten Buleleng. Pelantikan ini diselenggarakan di Gedung Wanita Laksmi Geraha, Jumat (9/9).

Pengukuhan Ketua TP PKK dan Pelantikan Pengurus TP PKK Masa Bakti Tahun 2022 – 2026 tersebut berdasarkan dari Surat Keputusan Bupati Buleleng Nomor 476 / 495 /HK/2022 tentang Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Buleleng masa Bakti tahun 2022-2026. Acara Pelantikan ini dihadiri pula oleh Sekda Buleleng Drs. Gede Suyasa,M.Pd, Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng, dan Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Periode 2017-2022 Ny. Gusti Ayu Aries Sujati.

Setelah itu, Ketua Dekranasda Ny. Paramita Lihadnyana, melantik sekaligus mengukuhkan anggota Dekranasda Kabupaten Buleleng masa bakti tahun 2022-2026.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengungkakan apresiasinya kepada TP PKK dan pengurus tim Dekranasda Kabupaten Buleleng masa bakti 2012-2022 karena selama ini telah memberikan sumbangsih membangun Buleleng.

“Karena saya yakin dan saya percaya, karena saya juga pernah sebelumnya menangani PKK bahawa PKK itu adalah sebuah lembaga kemasyarakatan yang struktur organisasinya paling lengkap di Indonesia,” katanya.

Dirinya mengatakan, tugas-tugas dari TP PKK merupakan mitra kerja Pemerintah, oleh karena itulah Pemerintah wajib memberikan apresiasi, wajib memberikan dukungan dari sebuah kegiatan TP PKK yang tertuang dalam 10 program pokok PKK.

“Mulai dari pengamalan Pancasila, mulai gotong-royong, pangan, sandang, perumahan sampai lingkungan hidup, perkoperasi, artinya itu adalah semua program Pemerintah dan PKK menjalankan juga itu. oleh karena itu sebagai mitra kerja Pemerintah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan saya juga tau bahwa kepengurusan TP PKK ini sepenuhnya mengabdi mengorbankan waktu, mengorbankan keluarganya, untuk bersama-sama Pemerintah mebangun Buleleng ini khususnya dan secara Nasional,” imbuhnya.

Dirinya juga berjanji, akan memberikan porsi khusus sebagai bentuk apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Buleleng agar mampu memberikan program-program terbaik untuk masyarakat Buleleng.

“Kami yakin dan kami berusaha dengan pak Sekda nanti di Kabupaten Buleleng untuk memberikan porsi yang lebih kepada TP. PKK,” ungkapnya.

Pj. Bupati Lihadnyana pun tidak lupa memberikan pesan kepada anggota Dekranasda. Dirinya mengatakan, dengan potensi Kabupaten Buleleng, Dekranasda akan mampu memberikan kontribusi untuk peningkatan ekonomi masyarakat Buleleng.

“Kabupaten buleleng dengan potensi yang begitu besar maka peran dekranasda juga memberikan dorongna kontribusi untuk percepatan ekonomi khususnya bagi masyarakat Kabupaten Buleleng,” ujarnya.

Dirinya pun meyakini, dengan gotong royong dan kesetu paduan, maka peran PKK dan peran Dekranasda sesuai dengan fungsinya masing-masing akan mampu membawa Kabupaten Buleleng ke arah yang lebih baik.

“Sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah, saya yakin akan mampu bersama-sama menggerakkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Buleleng,” ucapnya.

Pj. Bupati Lihadnyana juga berpesan agar bisa mengajak masyarakat untuk memanfaatkan halaman untuk menanam kebutuhan sehari-hari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi inflasi yang sedang dihadapi.

“Sekarang ini kita dihadapkan dengan sebuah kondisi himpitan dampak dari kenaikan BBM dampak dari kenaikan inflasi yang memberikan kontribusi adalah salah satunya cabai maka dari itu kepada TP PKK agar melakukan gerakan-gerakan untuk menanam cabai di halaman masing-masing sehingga kalau cabai itu berbuah itu bisa dimanfaatkan untuk konsumsi sehari-hari sehingga itu bisa mengurangi kebutuhan cabai di pasar karena sekarang ini harga cabai begitu meningkat dan itu peran PKK juga ada di dalamnya,” pungkasnya. (LA-010)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *