Kaji Ransel Laptop, Bagus Arbi Adrianto Raih Gelar Doktor di FK Unud

227 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Ujian Promosi Doktor dengan kandidat promovendus Bagus Arbi Adrianto, S.Ds., M.Erg dengan judul disertasi “Implementasi Laptop Backpack Berbasis Pendekatan Ergonomi Total Menurunkan Risiko Fisiologis Dan Meningkatkan Produktivitas Serta Keefektifan Waktu Bagi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar” berlangsung di ruang sidang Pascasarjana Lt III, Selasa (23/8/2022).

Ujian dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. dr. I Made Sudarmaja, M.Kes., dengan tim penguji Prof. Dr. dr. I Nyoman Adiputra, M.OH.,PFK (Promotor), Prof. dr. Ketut Tirtayasa, MS., AIF (Kopromotor I), Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes (Kopromotor II).

Pendekatan Ergonomi Total yang terdiri dari Teknologi Tepat Guna dan SHIP Approach harus dilakukan dalam perancangan dan pengembangan teknologi karena akan tercapai sistem kerja dan produk yang manusiawi, berdaya saing dan berkelanjutan. Teknologi seperti laptop dapat membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, tetapi desain laptop memiliki kelemahan yang dapat berkontribusi pada peningkatan risiko fisiologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Implementasi Laptop Backpack Berbasis Pendekatan Ergonomi Total.

Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa desain ISI Denpasar. Penelitian ini menggunakan True Experiment dengan rancangan randomized pretest and posttest control group design. Jumlah sampel yang digunakan adalah 24 siswa dan dipilih secara acak. Analisis data menggunakan Uji Man Whitney, dan Uji Independent T-test.

Hasil penelitian menunjukkan penurunan kelelahan, penurunan keluhan muskuloskeletal, penurunan keluhan mata, peningkatan produktivitas, dan peningkatan efektifitas waktu sebesar. Perubahan yang terjadi sebagai akibat dari Implementasi Laptop Backpack Berbasis Pendekatan Ergonomi Total dimana perubahan tertinggi terjadi pada produktivitas dan efektifitas waktu.

Ransel laptop yang ergonomis dapat mengurangi risiko fisiologis, meningkatkan produktivitas dan efektifitas waktu. Tas ransel laptop ergonomis sangat ergonomis bagi mahasiswa karena didesain berdasarkan kebutuhan mahasiswa yang dapat digunakan di berbagai lokasi kerja, selain itu tidak mencemari lingkungan dan menggunakan teknologi tepat guna yang mengaplikasikan berbagai ilmu pengetahuan dalam pembuatan tas ransel laptop ergonomis.

Pada ujian kali ini Dr. Bagus Arbi Adrianto, S.Ds., M.Erg dinyatakan lulus sebagai Doktor Lulusan ke- 361 Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan predikat SANGAT MEMUASKAN. (LA-010)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *