Dosen Prodi TIP Ajarkan Olah Limbah Rumah Tangga Menjadi Produk Non Pangan di Desa Blimbingsari

171 Views

Jembrana, LAKSARA.ID – Dosen Progam Studi Teknologi Industri Pertanian, Ibu Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb melalui Program KKN PPM Universitas Udayana ajarkan masyarakat Desa Blimbingsari, Melaya Jembrana untuk mengolah limbah rumah tangga yaitu minyak jelantah menjadi produk non pangan dan meningkatkan potensi desa menjadi produk turunan di Desa Blimbingsari, Melaya, Jembrana. Kegiatan diikuti oleh Ibu-Ibu PKK Desa Blimbingsari yg diselenggarakan di Gedung sekolah minggu GKPB Pniel Desa Blimbing Sari .

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan KKN PPM Universitas Udayana di Desa Blimbingsari dengan mengadakan sosialisasi pengelolaan minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi dan pembuatan sabun padat berbahan dasar minyak kelapa yg dihasilkan di Desa Blimbingsari. Sosialisasi ini diberikan oleh KKN PPM Universitas Udayana bekerja sama dengan Dosen Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb. Kegiatan ini meliputi Sosialisasi bahaya minyak jelantah dan cara proses pemurnian minyak jelantah, Workshop pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah dan workshop pembuatan sabun padat berbahan dasar minyak kelapa yg merupakan potensi dari Desa Blimbingsari.

Ibu Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga khususnya masyarakat diharapkan mampu bijak dalam menggunakan minyak goreng untuk memasak. Beliau juga berharap dengan adanya pelatihan dan workshop pemanfaatan limbah minyak jelantah yang dihasilkan di rumah tangga dan mengoptimalkan potensi minyak kelapa yang dihasilkan di Desa Blimbingsari dapat menjadikan produk lilin aromatherapy dan sabun padat yang dihasilkan menjadi produk unggulan Desa Blimbingsari. (LA-010)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *