FK Unud Rayakan HUT ke-60 BKFK, Usung Tema Spirit Menuju Masa Depan Cerah

159 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) merayakan hari jadi ke-60 Badan Kekeluargaan Fakultas Kedokteran (BKFK), di mana puncak perayaan digelar di Ruang Pertemuan dr AA Made Djelantik Kampus Sudirman Denpasar, Minggu (20/3/2022).

Adapun tema dari perayaan BKFK kali ini yakni ‘Ekawira Adikarya Nawasena Ing Loka’ yang memiliki makna satu jiwa, satu tekad untuk menciptakan karya terbaik menuju masa depan Fakultas Kedokteran yang cerah di dunia internasional.

Hadir dalam perayaan itu antara lain Rektor Unud dan Wakil Rektor, Rektor Universitas Warmadewa, Direktur RSUP Sanglah dan jajaran, Dekan dan Wakil Dekan FK, Ketua Senat Fakultas, Koorprodi dan seluruh civitas akademika Fakultas Kedokteran Unud. Selain itu juga hadir secara daring  Dekan Fakultas dan pimpinan lainnya di lingkungan Unud serta undangan dan civitas lainnya.

I Wayan Ryan Sidharta Putrayana selaku ketua panitia kegiatandalam laporannya menyampaikan, sudah banyak kegiatan yang dilewati, yang diawali dengan donor darah, webinar internasional dan pengabdian masyarakat secara online berupa edukasi hidup sehat melalui Medsos, funbike dan penanaman bakau, Grand Final Jegeg Bagus, dan kali ini dilaksanakan acara puncak serta wisuda purna bhakti.

Ketua panitia mengapresiasi semua pihak yang turut mensukseskan kegiatan yang bertujuan mempererat tali silaturahmi antar-sesama di lingkungan FK Unud ini.

Perwakilan BEM Fakultas dalam sambutannya menyampaikan BKFK kali ini tidak hanya sebagai perayaan saja, namun juga sebagai ajang pengembangan potensi civitas akademika. BKFK juga menjadi ajang temu kangen dan merupakan hal yang dinantikan setiap tahunnya, di mana semua unsur terlibat dalam perayaan ini. Diharapkan acara tahunan ini dapat mempererat tali kekeluargaan untuk menuju kejayaan yang dicita-citakan dan semoga langkah ke depan semakin dilancarkan.

Sementara Dekan FK Unud Dr Komang Januartha Putra Pinatih dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah telah mencanangkan program Indonesia Sehat dan berbagai transformasi kesehatan telah diupayakan. FK Unud sebagai institusi pendidikan dituntuk berupaya optimal untuk mencapai Indonesia Sehat.

Saat ini FK Unud telah berusia 60 tahun dan merupakan usia yang sudah matang sehingga diharapkan bisa berkontribusi maksimal. Untuk itu kita harus menyatukan visi, gerak dan langkah untuk memajukan institusi sesuai tupoksi masing-masing, karena keberhasilan ditentukan semua unsur yang terlibat. “Tantangan ke depan akan semakin meningkat, untuk itu mari kita lihat tantangan ini sebagai celah untuk mengembangkan diri,” kata Dekan sembari mengharapkan dukungan eksternal serta mitra untuk pengembangan FK ke depannya.

Rektor Unud Prof I Nyoman Gde Antara dalam sambutannya mengucapkan Dirgahayu FK Unud, semoga mampu mewujudkan visi misinya untuk mencapai Indonesia Sehat dan Indonesia Maju. Lebih lanjut Rektor menyampaikan beberapa hal terkait keberadaan FK dan program ke depan yang dilaksanakan di Unud. Dalam bidang akademik, Rektor mengharapkan Prodi yang telah meraih akreditasi Baik Sekali atau Unggul untuk beranjak ke akreditasi internasional.

Rektor mengatakan bahwa pihaknya akan membentuk beberapa Prodi baru di Unud, salah satunya MARS yang belum ada di Bali. Rektor berkomitmen untuk pengembangan Unud ke depan, di mana student body dapat meningkat setelah capacity building ditingkatkan. Masa studi mahasiswa juga harus diperhatikan agar lulus tepat waktu.

Di samping itu, Rektor juga menginformasikan beberapa hal yang telah dan akan dibentuk, yakni Forum Guru Besar Unud, perkuliahan luring, pembangunan sarana prasarana penunjang seperti RSGM, Lecture Building dengan kapasitas sekitar 40 ruang kuliah, asrama mahasiswa kapasitas 6.000 bed, Dekanat baru, kemudian rekrutmen mahasiswa baru melalui jalur prestasi untuk meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi, dan pembentukan Dewan Akademik Internasional untuk mempercepat internasionalisasi.

Rektor juga memberikan apresiasi atas kerja keras selama ini. Sementara puncak perayaan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan FK dan juga diisi dengan acara penghargaan untuk dosen berprestasi, wisuda purna bhakti, dan acara hiburan.  (LA-DP)

Sumber: (www.unud.ac.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *