LP3M Unud gelar Workshop ‘Case Method’ dan ‘Team-Based Project’

390 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) Universitas Udayana menyelenggarakan Workshop Metode Pembelajaran Pemecahan Kasus (Case Method) dan Pembelajaran Kelompok Berbasis Proyek (Team-Based Project) secara daring melalui aplikasi Cisco Webex, Selasa (15/03/2022).

Workshop ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan kualitas pembelajaran di lingkungan Universitas Udayana.

Ketua Panitia Prof. Putu Alit Suthanaya dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta workshop diikuti 120 peserta dari seluruh fakultas di Universitas Udayana. Kegiatan workshop ini didasari IKU Perguruan Tinggi Negeri Nomor 7 yaitu pembelajaran dalam kelas yang diharapkan adanya persentase mata kuliah menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (Case Method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (Team-Based Project) sebagai bagian bobot evaluasi. Melalui workshop ini diharapkan dapat memberikan persepsi yang sama terkait implementasi metode pembelajaran pemecahan kasus dan pembelajaran kelompok berbasis proyek dalam mata kuliah.

Rektor Universitas Udayana yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. I Gede Rai Maya Temaja dalam sambutannya menyampaikan bahwa kontrak kinerja rektor dengan Kemendikbudristek disebut dengan IKU merupakan ukuran kinerja bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran yang lebih konkrit. IKU 7 merupakan persentase dari mata kuliah Diploma dan S1 yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus dan pembelajaran kelompok berbasis proyek sebagai bagian dari bobot evaluasi.

Wakil Rektor Bidang Akademik berharap melalui Workshop ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh peserta dan tentunya bagi Universitas Udayana.

Workshop ini menghadirkan 3 narasumber diantaranya Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., dari UNJ dengan materi Strategi Pencapaian Indikator Kinerja Utama dan Metode Pembelajaran Case Method, Prof. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si., dari Undiksha dengan materi Metode Pembelajaran Student Centered Learning dan Team-Based Project, serta dr. Wayan Sumardika, M.Med.Ed., Ph.D., dari Fakultas Kedokteran Unud dengan materi Implementasi Metode Pembelajaran Case Method dan Team-Based Project. (www.unud.ac.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *