Kamis, Juli 18, 2024
BerandaDaerahBupati PAS Serahkan 2.400 Bibit Mangga dan Durian Secara Simbolis

Bupati PAS Serahkan 2.400 Bibit Mangga dan Durian Secara Simbolis

Buleleng, Laksara.id – Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pertanian menjalankan program pelestarian mangga amplem sari dan durian Bestala. Dimana penyerahan bibit dimaksud secara simbolis diserahkan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana ST pada Apel Krida di Taman Kota Singaraja, Jumat, (6/12).

Bupati yang akrab disapa PAS ini mengungkapkan bibit mangga amplem sari diberikan pada masyarakat dan OPD sebanyak 2000 pohon, dan 400 bibit durian.

Terkait kualitas mangga amplem sari, Bupati menjelaskan bibit tersebut merupakan kombinasi pohon yang bawahnya mangga lalijiwa dan atasnya amplem sari. Menurutnya kombinasi itu akan menghasilkan varietas baru dan unggul.”Mudah-mudahan 3 sampai 4 tahun kedepan akan menjadi komoditas unggulan daerah dan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat,” harap Bupati PAS.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa dipilihnya bibit durian Bestala karena kualitasnya tidak kalah dengan durian musang king yang ada di luar negeri. Keberlanjutan dari pemberdayaan durian kedepannya, Bupati PAS berencana menggelar festival makan buah durian di Buleleng. “Kita akan kumpulkan dan lombakan, durian yang paling enak akan kita kembangbiakan pucuknya lalu kita viralkan,” tambah Bupati PAS.

Sementara itu, Kadis Pertanian, Made Sumiarta mengatakan komoditas buah ekspor Buleleng yang paling banyak permintaannya yaitu mangga, manggis, dan durian. Khusus mangga amplem sari yang merupakan ikon mangga Buleleng yang saat ini hanya ada di daerah Tejakula, kedepannya akan dikembangkan dan dilestarikan lagi, utamanya di perkotaan agar lebih dikenal, mudah dipantau dan dijangkau oleh pembeli.

Kadis Sumiarta menambahkan, setiap OPD menerima 10 bibit pohon mangga. “Kita bagikan bibitnya dengan disertai tanda terima agar nanti mudah dipantau perkembangannya,” ujar Sumiarta.
Terkait bibit durian, pihaknya berencana menyebarkan didaerah yang topografinya hampir sama dengan daerah Bestala, misal daerah Sidetapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa, Banyuseri dan sekitarannya.(LA-010)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments