Karangasem Ikuti Delapan Kegiatan di Ajang PKB-46 15 Juni-13 Juli Mendatang

71 Views

Karangasem, LAKSARA.ID – Pesta Kesenian Bali (PKB) akan kembali digelar pada 15 Juni hingga 13 Juli 2024 mendatang yang akan diikuti oleh para duta seni dari seluruh kabupaten/kota di Bali yang nantinya akan tampil adu kreativitas seni dalam rangakaian kegiatan yang digelar selama berlangsungnya perhelatan seni, adat dan budaya Bali tersebut.

Untuk PKB ke-46 ini rencananya dibuka Presiden Joko Widodo ini, Kabupaten Karangasem akan menampilkan sebanyak delapan kegiatan dari dua materi yang diikuti, yakni Pawai Pembukaan Garapan Tematik yang ditampilkan oleh Sanggar Seni Tridatu, Banjar Bungkululan, Desa Seraya Barat, Karangasem, Pawai Pembukaan Wajib yang akan ditampilkan oleh Sanggar Tari Prabata Sari, Amlapura.

Kabupaten Karangasem juga menerjunkan duta seni dalam Parade Gong Kebyar Dewasa yang ditampilkan oleeh Sekaha Gong Darma Cita Winangun, Banjar Dinas Cemara tebel, Desa Bhuana Giri, Bebandem, Parade Gong Kebyar Wanita yang ditampilkan oleh Sanggar Seni Manik Manggiis, Banjar Dinas Bengkel, Desa Antigga, Manggis, dan Parade Gong Kebyar anak-anak yang akan ditampilkan oleh Sekeha Gong Langun Giri Swara, Banjar Dinas Tukad Sabuh, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat.

Tiga kegiatan lainnya yang diikuti oleh duta seni Karangasem yakni Parade Busana Khas Kabupaten/kota yang nantinya akan diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Karangasem, kegiatan Mesatua Bali yang akan diikuti oleh Komunitas Widya Basa, Banjar Dinas Kajanan, Desa Ngis, Kecamatan Manggis, dan kegiatan Mewarnai yang akan diikuti oleh Komunitaas Seni Rupa Akara, Kelurahan Subagan, Karangasem.

Kepala Dinas Pariwisata Karangasem, Putu Edy Surya Artha Jumat (17/5/2024) menyampaikan, untuk menyambut ajan PKB ke 46 mendatang, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, termasuk melakukan pembinaan terhadap seka gong dan duta seni yang akan tampil dalam ajang PKB tersebut. “Untuk PKB tahun ini Kabupaten Karangasem akan mengikuti sebanyak 8 kegiatan dari dua materi yang kita ikuti,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Karangasem, I Gede Dana menyampaikan, untuk mendukung kreatifitas seni duta Karangasem pada PKB mendatang, Pemkab Karangasem telah mengalokasikan uang penghargaan sebesar Rp 850 juta. Pihaknya sangat mengapresiasi dedikasi para peserta yang telah secara tekun berlatih untuk bisa tampil optimal dalam ajang PKB mendatang. “Kami mengharapkan duta seni yang akan tampil dalam PKB nanti bisa lebih memantapkan persiapan, sehingga bisa tampil optimal dan memukau,” imbau Bupati Gede Dana. (LA-KS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *