Menyongsong Enam Dasawarsa Resimen Mahasiswa Ugracena Bali Menuju Se-Abad

106 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Rektor Universitas Udayana (Unud) Prof. Ngakan Putu Gede Suardana menghadiri rangkaian Pembukaan Kegiatan Menyongsong Enam Dasawarsa Resimen Mahasiswa Ugracena Bali Menuju Se-Abad yakni Pendidikan Dasar Angkatan XXXVIII Gelombang I dan Kursus Dinas Staf (KDS) Tahun 2024 bertempat di Monumen Menwa Ugracena, Kawasan Monumen Perjuangan Bangsal, Selasa (30/1/2024).

Kepala Staf Korps Menwa Ugracena Bali Mumtazah dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh dua perguruan tinggi yakni Universitas Udayana dan Stispol Wira Bhakti, dimana kegiatan ini direncanakan secara bergelombang dan berkelanjutan. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan lainnya seperti ziarah, bela negara, lomba semangat juang 45, temu alumni, serta baksos. Dalam kesempatan ini pihaknya meminta dukungan dari pimpinan Universitas Udayana untuk menunjang pelaksanaan kegiatan Menwa Ugracena.

Rektor Prof. Ngakan Suardana dalam kesempatan ini menyampaikan Resimen Mahasiswa sebagai salah satu wadah yang berperan dalam membentuk jiwa dan karakter generasi bangsa yang handal, berwawasan kebangsaan, penuh kreativitas dan dedikasi untuk menyongsong hari depan yang lebih baik. Begitu juga dengan Menwa Ugracena yang memiliki sepak terjang cukup lama. Pihaknya mengapresiasi Korps Menwa Ugracena atas pengabdiannya yang direalisasikan dengan berbagai kegiatan bernuansa Pendidikan bela negara, wawasan kebangsaan, hingga kegiatan sosial. Seluruh kegiatan pun dilakukan secara swadaya yang merupakan suatu kemandirian yang patut diteruskan dengan semangat pengabdian dan perjuangan yang tulus.

“Kami berharap tentunya kegiatan ini berjalan sukses serta dapat mencetak kader menwa yang militan dan berkualitas. Pendidikan Menwa tidak hanya pada tingkat dasar, namun juga dilanjutkan dengan berbagai kursus lainnya guna mendukung tugas pokok dan fungsi Menwa,” ucap Rektor.

Rektor juga menyampaikan bahwa Indonesia saat ini sedang memasuki masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sebagai negara dengan keberagaman budaya, agama, dan suku, memiliki tantangan besar dalam menjaga persatuan dan kesatuan selama proses Pemilu. Pemilu yang damai bukan hanya menjadi tugas pemerintah dan penyelenggara, tetapi juga tanggung jawab bersama seluruh warga negara. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, saya juga mengajak segenap hadirin untuk turut menyukseskan pemilu yang aman dan damai serta pergunakan hak suara kita dengan sebaik-baiknya.

Pembukaan pelatihan ini ditandai dengan penyematan tanda satuan tugas dan peserta oleh Rektor Unud, dan dalam kesempatan ini juga dilakukan pembukaan pameran penopang kegiatan Menwa Ugracena. (LA-Yog)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *