Ida Rsi Putra Manuaba Pendiri Ashram Gandhi Puri Sebagai Tamu Kehormatan Heritage Festival

940 Views

Bali, LAKSARA.ID – Istana ditengah danau’ Tripura, Neer-Mahal dibangun sebagai kediaman musim panas keluarga kerajaan. Maharaja Bir Bikram Kishore Manikya Debbarma , dari ‘ Dinasti Manikya ‘, yang dianggap sebagai dinasti terpanjang kedua yang tersisa di dunia saat ini, membangun istana ini pada tahun 1921.

Pada tahun 1921, Maharaja menugaskan perusahaan Inggris , Martin and Burns untuk membangun istana air unik di tengah Danau Rudrasagar . Istana danau dirancang dan dibangun berdasarkan instruksi rinci dari Maharaja sendiri dan memadukan gaya arsitektur Hindu dan Mughal . Marmer dan batu pasir digunakan secara luas dan bahkan saat ini, yang paling menonjol adalah banyaknya balkon, menara, paviliun, dan jembatan. Menara berbentuk kubah yang terlihat dari jauh juga membuat Neer Mahal tampak seperti benteng. Pembangunan istana ini konon memakan waktu sembilan tahun

Neermahal secara harfiah berarti Istana Air. Istana ini adalah istana seperti negeri dongeng indah yang terletak di tengah Danau Rudrasagar yang dibangun kediaman indah. Berdasarkan hal itu setiap tahun di bulan Agustus diadakan festival besar yang diperingati oleh badan setempat dan Pemerintah. Departemen yang disebut “Festival Air Neermahal”. Festival ini berlangsung selama 3 hari dan banyak program budaya yang penuh warna serta pertunjukan acara di malam hari. Daya tarik utama festival air Neermahal adalah lomba perahu di Danau Rudrasagar. Berbagai jenis perahu diikutsertakan dalam kompetisi balap perahu tersebut. Selain itu lomba renang juga diselenggarakan dalam festival tersebut.

Setiap bulan November Yuvak Vikas Kendra dibawah Inisiator Debashis Majumder menyelenggarakan Internasional Youth Camp dan Heritage Festival. Ida Rsi Putra Manuaba (Agus Indra Udayana peraih Internasional Jamnalal Bajaj Award dan Padmashree Award 2020) yang diundang sebagai tamu kehormatannya Mengapresiasi panitia yang mengajak saya dengan boat kecil berhias khusus sehingga bisa mengeksplor keindahan dan manfaat masyarakatnya sekitar danau secara ekonomi, seluruh peserta juga bangga dan bahagia bisa melihat legacy Istana di danau yang luas ini.

Festival Neermahal yang kedua kalinya diselenggarakan pada bulan Desember setiap tahun dengan beberapa acara budaya yang megah dalam suasana dingin musim dingin.Semoga bisa semakin banyak anak Muda menjaga Heritage Festival sebagai Unik Platform kita menjaga Nasional Integration Movement sekaligus menjaga Heritage Kultur setiap negara dan kita bisa kembali semua pulang membawa misi bersama untuk mengaplikasikannya ditempat kita masing masing pesan Ida Rsi Putra Manuaba kepada 500 anak muda dari 24 Negara Bagian India dan 5 negara yang aktif berpartisipasi seminggu di Agartala Tripura India. (LA-Yog)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *