Sandiaga Uno Resmi Buka Pemuteran Bay Festival 2023

371 Views

Buleleng, LAKSARA.ID – Gelaran Pemuteran Bay Festival kembali digelar untuk ke 8 kalinya bertempat di Tanjung Budaya Pemuteran pada Kamis (16/11) sore. Bagus Mantra, selaku Ketua Panitia mengatakan, festival ini merupakan salah satu agenda Kharisma Event Nusantara. Pemuteran Bay Festival sudah masuk dalam program Kementerian Pariwisata dengan tagline Ecommunity Based Tourism yaitu bagaimana menggabungkan konservasi lingkungan terutama bawah laut dengan partisipasi masyarakat dalam sebuah ajang festival.Jadi, setiap tahun ke tahun diangkat di setiap festival sekaligus memberikan apresiasi berupa hiburan kepada masyarakat yang selama ini sudah ikut menjaga lingkungan, ikut meluangkan waktu dan tenaga untuk menjaga lingkungan di Pemuteran, terutama bawah laut.

Sementara itu, PJ Bupati Buleleng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadispar Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara SSos MSi menyampaikan bahwa event merupakan sebuah strategi dalam rangka meningkatkan kunjungan pariwisata serta juga dapat meningkatkan masa tinggal wisatawan yang berkunjung ke sebuah destinasi ataupunsebuah Kabupaten.

Dinas Pariwisata KabupatenBuleleng senantiasa terus mendorong penyelenggaraan event di Kabupaten Buleleng. Seperti diketahui, kunjungan wisata ke Pulau Bali sampai dengan akhir bulan September sudah mencapai jumlah 4,8 juta kunjungan. Namun sementara sampai dengan saat ini, kunjungan keBuleleng itu masih tetap pada angka kisaran 3,5 sampai 3,8% dari jumlah kunjungan ke Bali.Untuk itu, Pemkab Buleleng tentu ingin menyuguhkan sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan yang ada di selatan dan linier dengan apa yang menjadi pencanangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkesempatan hadir membuka acara dan mengapresiasi penyelenggaraan Pemuteran Bay Festival.

Pelestarian keindahan alam dan budaya menjadi daya tarik khusus dan ia menyampaikan pesan, motivasi dan semangat kepada seluruh masyarakat agar mensukseskan event dan ikut serta melestarikan alam desa wisata Pemuteran. Ia juga mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat karena Desa Wisata Pemuteran telah mendapat penghargaan yaitu Asian Tourism Standard dan kategori Community Based Tourism dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan mancanegara.Berbagai macam acara hiburan digelar dalam festival ini seperti hiburan musik, seni budaya, talkshow, food bazzar dan lain-lain. (LA-Yog)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *