Tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta FK Unud Uji Efektivitas Ekstrak Biji Lamun Untuk Penurunan Kolesterol

216 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Tim Program Kreativitas mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) Fakultas Kedokteran sejak Juli hingga Oktober 2023 dengan dibimbing oleh Dr dr I gusti Ayu Artini MSc melakukan penelitian tentang ‘’Efektivitas Enkapsulasi molecular Complex with β- Cyclodextrin (β-Cd) Ekstrak Biji Lamun (Enhalus acoroides) terhadap Penurunan Kadar Kolesterol pada Penyakit Jantung Koroner’’.

Dalam era modern ini, penyakit jantung koroner telah menjadi salah satu masalah kesehatan global yang signifikan. Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, penyakit jantung koroner adalah penyebab kematian nomor satu di Indonesia. 

Diperkirakan bahwa sekitar 6,8% penduduk Indonesia menderita penyakit jantung koroner. Prevalensi penyakit ini juga ditemukan lebih tinggi pada populasi yang lebih tua. Dengan tujuan untuk mengatasi masalah ini, tim kami telah mengadopsi pendekatan yang inovatif dan menggunakan enkapsulasi molecular complex with β-Cyclodextrin (β-CD) dan ekstrak biji lamun (Enhalus acoroides) sebagai bahan utama.

Tim pelaksana PKM-RE, terdiri dari; Natasya Regita Deswianti (PSSKM 2021), Ni Komang Heriani (PSSK 2020), Kadek Yurika Andiswari (PSSK 2020), Ni Kadek Sintya Pratiwi (PSSK 2020). (LA-Yog)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *