Kolaborasi FT Unud dengan LIFE Japan Dapatkan Penghargaan dari Pemerintah Jepang Terkait Penyediaan Air Bersih

106 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Pada tanggal 27 Juli 2023, bertempat di ruang B1.1 di Kampus Sudirman Fakultas Teknik Universitas Udayana semarak dengan kunjungan yang istimewa dari Live with Friends on the Earth (LIFE) Japan yang diwakili Mitsuha Abe. Kerjasama yang telah terjalin sejak 2020 antara LIFE Japan dan Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana (FT Unud) dalam usaha bersama untuk menyediakan akses air bersih bagi masyarakat di Desa Pedawa, telah mengukir prestasi gemilang yaitu mendapatkan penghargaan istimewa dari Pemerintah Jepang. 

Sertifikat penghargaan ini didapat dari Japanese Ministry of Land, Infrastucture, Transport, and Tourism, yaitu sebagai “The Best International Water Project in The 25th Japan Water Prize” dalam kategori upaya dalam memberikan solusi untuk isu-isu terkait air bersih. 

Proyek di desa Pedawa bermula dari inisiatif LIFE Japan untuk membantu masyarakat di Desa setempat yang belum dapat menikmati air bersih karena terletak di tempat yang tinggi dan terpencil. Selanjutnya kegiatan ini disebut dengan “Yeh Sudamala Project” yang dalam teknis pelaksanaan di lapangan bekerjasama dengan Program Studi Teknik Lingkungan FT Unud.  Kegiatan ini menggunakan dana dari pemerintah Jepang. 

Di samping dosen, kegiatan ini juga banyak melibatkan mahasiswa. Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan langsung terjun ke lapangan dan berkesempatan untuk terlibat dalam mengevaluasi kondisi eksisting dari pendistribusian air di Desa Pedawa, mengidentifikasi kebocoron yang terjadi, menghitung debit air di sumber air Galunggang, dan juga melakukan survey untuk penempatan pipa baru. Sementara, salah satu mahasiswa Teknik Sipil berhasil menyelesaikan Tugas Akhirnya dari kegiatan pengabdian ini.

Kegiatan di Desa Pedawa ini selanjutnya membuka peluang baru bagi Fakultas Teknik Unud untuk meneruskan pengabdian yaitu dengan mengembangkan teknologi tepat guna yang berfokus pada pengelolaan sumber daya air. Saat ini melalui dukungan dana dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unud, Tim FT Unud yang terdiri dari Prodi Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, dan Teknik Mesin melanjutkan kegiatan ini dengan pengadaan pompa hidram terutama untuk masyarakat di dusun Bangkiang Sidem, desa Pedawa.

Keberhasilan kerjasama antara LIFE Japan, Program Studi Teknik Lingkungan FT Unud, dan Masyarakat Desa Pedawa menandai pengakuan atas peran penting Universitas dalam upaya global untuk meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan. Tak berhenti pada proyek air bersih, kerjasama FT Unud juga dilanjutkan untuk pengelolaan sampah yang berkelanjutan di wilayah tersebut. Dalam komitmen untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, mereka bersama-sama mencari solusi inovatif untuk mengelola sampah dengan lebih efektif.

Kerjasama antara LIFE Japan dan Teknik Lingkungan FT Unud adalah contoh nyata bagaimana inisiatif dan kolaborasi dapat membawa perubahan positif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan dukungan dari pemerintah Jepang, semakin banyak peluang dan harapan bagi masyarakat di Desa Pedawa untuk memiliki akses air bersih yang berkelanjutan dan lingkungan yang lebih baik. (LA-Yog)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *