Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaDenpasarLaksanakan Riset, Dian Luswiantini Berhasil Raih Gelar Sarjana Teknologi Pertanian

Laksanakan Riset, Dian Luswiantini Berhasil Raih Gelar Sarjana Teknologi Pertanian

Denpasar, LAKSARA.ID – Ni Nyoman Dian Luswiantini yang kerap disapa Dian, baru saja berhasil meraih gelar sarjananya, yakni Sarjana Teknologi Pertanian (STP) pada bulan Juli lalu di Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana. Penelitian Dian dilakukan dibawah bimbingan I Wayan Gede Sedana Yoga STP MAg dan Dr I Gusti Ayu Lani Triani STP MSi dengan judul “Peramalan Permintaan dan Pengendalian Persediaan Produk Daging Babi Beku di PT Rajaboga Jaya Nusantara”.

 Penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang berkonsentrasi pada manajemen agroindustri yaitu melakukan peramalan permintaan dan pengendalian persediaan, dengan tempat penelitian dilakukan di PT Rajaboga Jaya Nusantara yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produsen dan distributor daging babi beku. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan perusahaan saran metode yang dapat digunakan dalam meningkatkan manajemen perusahaan yang di mulai dari pengklasifikasian produk yang ditawarkan perusahaan yang dikelompokkan berdasarkan tingkat pemakaian tertinggi dan biaya terbesar yang dikeluarkan perusahaan, pengklasifikasian dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas A, kelas B, dan Kelas C. Produk terklasifikasi A merupakan produk yang menjadi prioritas dalam kontrol manajemen yang harus dilakukan perusahaan, baik itu dilanjutkan dalam melakukan peramalan permintaan dan pengendalian persediaan terhadap produk.

Dian melaporkan bahwa terdapat 5 jenis produk terklasifikasi A yaitu pork belly skin onpork belly skin offpork leg bonelesspork neck, dan pork shoulder dengan penyerapan biaya sebesar 71,43%.  Kemudian dalam penelitian Dian melakukan peramalan permintaan dengan 2 metode time series yaitu exponential smoothing dan linear trend line model. Ia juga melaporkan bahwa metode peralaman terbaik untuk jenis produk pork belly skin on, pork belly skin off, dan pork shoulder adalah dengan metode exponential smoothing. Sedangkan jenis produk pork leg boneless dan pork neck dengan metode peramalan terbaik yaitu dengan linear trend line model. (LA-Yog)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3382-Laksanakan-Riset-Terkait-Peramalan-Permintaan-dan-Pengendalian-Persediaan-Dian-Luswiantini-Berhasil-Raih-Gelar-Sarjana-Teknologi-Pertanian.html

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments