Ucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, Bupati Karangasem Ajak Masyarakat Gunakan Produk Lokal Karangasem

92 Views

Amlapura, LAKSARA.ID – Menjelang Hari Raya Galungan, umat Hindu di Bali khususnya di Kabupaten Karangasem, mulai disibukkan dengan kegiatan persiapan untuk menyambut hari kemenangan Dharma melawan Adharma tersebut, diantaranya membeli berbagai keperluan hari raya seperti membeli Daging Babi, Telur Ayam, berbagai kebutuhan bumbu dapur, jajanan kering dan perlengkapan serta hiasan Penjor Galungan.

Mengantisipasi lonjakan harga barang kebutuhan pokok di pasaran menjelang Hari Raya Galungan, Bupati Karangasem bersama Forkopimda, Sekda Karangasem dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) juga telah berulang kali melakukan operasi pasar guna memantau harga dan distribusi kebutuhan pokok.

“Jelang Hari Raya Galungan ini kami telah beberapa kali turun ke sejumlah pasar tradisonal di Karangasem untuk memantau kondisi harga, pasokan dan ketersediaan barang-barang kebutuhan pokok di pasaran. Hasilnya Astungkare hingga saat ini harga-harga masih stabil kendati ada sedikit peningkatan seperti bawang putih, cabai dan telur ayam. Tapi masih dalam batas wajar,” ujar Bupati Karangasem, I Gede Dana.

Saat ini menurutnya perayaan Hari Raya Galungan akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena saat ini sudah dalam masa Endemi Covid-19, sehingga kondisinya sudah normal seperti dulu lagi.

Dalam perayaan Hari Raya Galungan ini, Bupati Gede Dana menghimbau masyarakat untuk membeli menggunakan hasil-hasil produk UMKM asli Karangasem, seperti aneka jajanan kering diantaranya Jajan Rengginang, Buntilan, Kue Kaliadrem, Opak-opak Seraya, Jajan Kembang Goyang dan jenis jajanan kering lainnya.

“Himbauan kami, gunakanlah produk hasil UMKM asli di Karangasem, karena kue dan jajanan kering itu banyak diproduksi di Karangasem. Termasuk perlengkapan upacara dan hari raya seperti hiasan penjor juga banyak di produksi oleh perajin di Karangasem,” himbau Gede Dana.

Dengan demikian, akan dapat memberikan nilai tambah bagi UMKM di Karangasem, khususnya pada momen Hari Raya Galungan ini, yang paling ditunggu oleh UMKM untuk mendulang rupiah karena pada saat itulah mereka mendapatkan banyak pesanan.

“Akhirnya atas nama probadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem serta Masyarakat Kabupaten Karangasem, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Ida Sanghyang Widhi Wasa senantiasa menganugrahkan kedamaian dan kerahayuan bagi masyarakat di Kabupaten Karangasem,” ucap Bupati Gede Dana didampingi Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa. (LA-Yog)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *