Tim Weimana Unud Ikuti Shell Eco-Marathon Asia Pacific and Middle East 2023

216 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Tim Weimana Udayana Universitas Udayana (Unud) untuk pertama kalinya mengikuti kompetisi Shell Eco-Marathon Asia Pacific and Middle East 2023 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu-Minggu, 5-9 Juli 2023.  

Turut hadir dalam acara pembukaan Otto ardianto Stafsus Menteri Perhubungan bidang Pendanaan dan Keuangan, Gubernur Nusa Tenggara Barat serta CEO of Shell Asia Pacific and Middle East. Sementara Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Universitas Udayana turut hadir dalam acara pembukaan kegiatan bergengsi ini.

Pelaksanaan kegiatan  ini diharapkan dapat memberikan ruang yang lebih luas bagi generasi muda di kawasan Asia Pasifik dan Middle East untuk mengembangkan kemampuannya dalam bidang Teknik Otomotif sekaligus melatih kemampuan efisiensi energi demi bumi tercinta. Pelaksanaan acara ini juga diharapkan dapat menjadi tempat lahirnya inovasi-inovasi efisiensi energi baru yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan. 

Sebanyak 76 Tim  hadir dan bertanding yang berasal dari berbagai negara Asia Pacific dan Middle East. Tahun ini jumlah mahasiswa yang berpartisipasi sebanyak 900 orang yang berasal dari 13 negara.  Kegiatan ini merupakan kali ke dua dilaksanakan di Indonesia, yang pada dua tahun sebelumnya dilaksanakan di Sepang Malaysia.

Dalam kompetisi ini, Tim Weimana Udayana mengikuti kategori urban concept dengan menggunakan bahan bakar elektrik dengan bahan mobilnya dari carbon fibre (sangat ringan). Tim Weimana dalam kompetisi ini mengusung nama mobil  AGNIJAYA EVO III.

Kompetisi ini menghadirkan juri dari berbagai negara dan perwakilan Shell internasional dan nasional, dengan penilaian yang dilakukan dari berbagai sisi; meliputi feasibility, sumber bahan bakar, safety, functional equipment, efficiency, electricity, dan model. Di samping itu juga dilakukan penilaian terhadap keahlian driver. (LA-Yog)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *