Permudah Layanan Wajib Pajak, Kantor Samsat Pembantu Sesetan Resmikan Samsat Gelis Drive Thru

309 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Dalam rangka mendekatkan pelayanan ke masyarakat, UPTD. Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kota Denpasar membuka layanan Drive Thru dan Samsat Pembantu di wilayah Sesetan. Perpindahan kantor Samsat Pembantu Renon (SPR) ke Samsat Pembantu Sesetan (SPS) dan pelayanan ini, diresmikan bertepatan dengan pelaksanaan upacara piodalan di Kantor Samsat Pembantu Sesetan yang jatuh pada Purnama Sasih Kasa, Senin (3/7).

Peresmian kantor Samsat Pembantu Sesetan yang dilengkapi dengan inovasi di bidang pelayanan publik ini bertujuan agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang lebih cepat, ramah, mudah, dan lebih nyaman.

Dengan adanya inovasi pelayanan publik yang semakin cepat dan nyaman ini, diharapkan mampu membuat masyarakat lebih taat melaksanakan kewajibannya terutama dalam hal membayar pajak kendaraan.

Kepala UPTD PPRD Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali di Kota Denpasar, Anak Agung Rai Sugiartha menjelaskan bahwa perbedaan waktu antara samsat konvensional dan samsat drive thru ini lumayan memangkas waktu. Terutama bagi masyarakat yang kerap memiliki keterbatasan waktu. Terlebih juga dilakukan penerapan dua loket, bisa mempercepat proses pengurusan samsat. “Layanan ini mempermudah para wajib pajak, terutama untuk status kendaraan yang 0,1 istilahnya, arti nama di surat kendaraan sesuai dengan nama sendiri. Namun bagi masyarakat yang kebetulan bukan atas nama diri sendiri, bisa melampirkan surat kuasa,” jelasnya.

Sebelum diberlakukan secara resmi, Samsat Drive Thru juga sudah sempat di uji coba, sehingga saat ini sudah siap melayani wajib pajak yang datang. Untuk hari ini saja, layanan Drive Thru yang yang membutuhkan waktu 5-10 menit mampu melayani 20 wajib pajak, di dua jalur yakni jalur roda dua dan roda empat, yang dilayani secara terpisah.

Layanan Drive Thru yang wajib pajaknya sudah melengkapi persyaratan, seperti membawa STNK Asli dan KTP Asli (tanpa foto kopi), disebut dengan layanan Samsat Gelis.

Peresmian Kantor Samsat Pembantu Sesetan dilakukan bersamaan dengan Piodalan yang jatuh pada rahina Purnama sasih Jasa, yang di tandai dengan persembahyangan bersama dan dipuput oleh Ida Pedanda Istri Gede Karang dari Griya Tampak Gangsul, Denpasar.

Nampak hadir langsung dalam persembahyangan bersama dan peresmian tersebut Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali I Made Santha, Kepala UPTD. PPRD (Kantor Samsat Pembantu) Kabupaten Gianyar dan Tabanan serta jajaran lainnya. (LA-Yog)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *