Pj Bupati Buleleng Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

127 Views

Buleleng, LAKSARA.ID – Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana bertindak sebagai inspektur dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023. Bertempat di halaman kantor Bupati Buleleng, upacara dihadiri pimpinan perangkat daerah dan pegawai lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengatakan bahwa Hari Lahir Pancasila bukan hanya merupakan sebuah peringatan, namun momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar Negara Indonesia.

Sebagai generasi penerus bangsa, menurut Lihadnyana harus dapat memaknai pancasila sebagai dasar Negara. Juga sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang digali dan ditetapkan oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan. Pengamalan nilai-nilai pancasila merupakan perwujudan rasa cinta tanah air. “Nilai pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana seperti saling menghargai, bekerjasama, dan saling menghormati,” ungkapnya.

Lihadnyana menambahkan Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa. Lima sila yang terkandung didalamnya dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada. “Pancasila menjadi berkah penuntun keberagaman yang dapat dirajut menjadi identitas nasional bhinneka tunggal ika,”katanya.

Pj Lihadnyana menjelaskan Hari Lahir Pancasila menjadi momentum untuk memperkuat semangat persatuan, mengembangkan sikap toleransi, serta mengedepankan semangat demokrasi dalam segala aspek kehidupan. “Bersama membangun masa depan bangsa yang adil dan sejahtera. Bersama membangun Buleleng yang semakin tumbuh kuat dan maju,”ucapnya.

Adapun tema peringatan hari lahir pancasila tahun 2023 yaitu “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Tema tersebut mengingatkan kembali bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri. Dengan bekerjasama, saling bahu-membahu, dan saling menghormati dapat berkontribusi positif dalam pembangunan peradaban dan pertumbuhan global. (LA-Yog)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *