Unud Dan Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah Kembangkan Kerjasama Bidang Kesehatan

122 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Universitas Udayana (Unud) mengawali kerjasamanya dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau, Kalimantan Tengah dengan penandatanganan Nota Kesepahaman yang berlangsung di Ruang Bahasa Gedung Rektorat Kampus Bukit Jimbaran, Senin (6/3/23). Turut hadir dalam kesempatan ini, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran, Ketua UPIKS Fakultas Kedokteran, Bupati, dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Lamandau beserta jajaran.Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Prof. Adiatmika yang dalam hal ini mewakili Rektor dalam acara ini menjelaskan sekilas tentang keberadaan Unud saat ini yang berlokasi di dua tempat yakni kampus Denpasar dan kampus Bukit Jimbaran, Unud saat ini memiliki 13 Falkultas dan 1 Program Pascasarjana, dengan 120 Program Studi. Sekarang Unud sedang berbenah di mana seluruh program S1 akan dipusatkan di Kampus Bukit Jimbaran.

Dalam pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya di bidang kerjasama, dan khususnya kerjasama di bidang kesehatan, Universitas Udayana telah melakukan berbagai kerjasama dengan pemerintah daerah dari berbagai provinsi. Kerjasama yang dibangun dengan Pemkab Lamandau ini disambut baik oleh Universitas Udayana, khususnya oleh Fakultas Kedokteran  yang berkomitmen untuk membantu pengembangan berbagai kawasan  yang ada di luar kampus, termasuk pengembangan SDM serta pengembangan masyarakat yang ada di Kabupaten Lamandau.

“Hari ini kita sudah melakukan penandatanganan MoU, khususnya bidang Kesehatan dalam penempatan residen, kemudian akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan dokumen teknis yaitu Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Kedokteran Unud dengan Rumah Sakit Daerah Lamandau. Kami juga akan mendorong fakultas lain untuk bisa membantu Pemerintah Kabupaten Lamandau dalam berbagai bidang, sepanjang itu bisa dikerjasamakan oleh pemerintah,” tegas Prof. Adiatmika.

Sementara itu, Bupati Pemerintah Daerah Kabupaten Lamandau H. Hendra Lesmana menyampaikan terima kasih kepada Universitas Udayana yang dengan tangan terbuka menerima permohonan kerjasama dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lamandau, khususnya saat ini yang sangat dibutuhkan adalah kerjasama dalam bidang Kesehatan yang berkaitan dengan penempatan dokter spesialis di rumah sakit umum daerah Kabupaten Lamandau.“Besar harapanya tentu kerjasama ini dilakukan secara berkesinambungan dan juga berkaitan dengan peningkatan pendidikan dokter yang ada di Kabupaten Lamandau. Selain itu apabila ada dokter dari Pemkab Lamandau yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas Udayana, harapannya kedepan juga bisa dilakukan kerjasama pengiriman SDM untuk studi lanjut ke Universitas Udayana, dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM bidang kesehatan,” ujar Bupati Lamandau. (LA-Yog)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *