Optimalkan Pembinaan Dan Pengembangan Program Ormawa, Biro Kemahasiswaan Unud Gelar Rapat Kerja

127 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Biro Kemahasiswaan Universitas Udayana (Unud) selenggarakan Rapat Kerja Bidang Kemahasiswaan bertempat di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Senin (6/2/23). Rapat dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D.,IPU.

Rapat Kerja ini juga menghadirkan tiga orang pembicara yakni 1) Drs. I Wayan Santiasa (Ketua Pusat Prestasi dan Kreativitas Mahasiswa) dengan pemaparan materi “Program Kegiatan Berbasis Pada Capaian Prestasi Dan IKU dibidang Kemahasiswaan”, 2) Dr. Ir. Ketut Sardiana, M.Si (Koordinator MBKM Universitas Udayana) dengan pemaparan materi “Sosialisasi Pelaksanaan Program MBKM”, 3) Dr. Dewa Gede Wiryangga Selangga, S.P., M.Si. (Ketua Unit Pengembangan Minat Bakat dan Ormawa) dengan pemaparan materi “Optimalisasi pola pembinaan ormawa sebagai wahana pengembangan karakter mahasiswa sebagai insan unggul, berwawasan kebangsaan, dan berjiwa sosial” dan dipandu oleh moderator Ni Nyoman Clara Listya Dewi, S.IP.,M.A. (Sekretaris Pengembangan Minat Bakat dan Ormawa).

Ketua Panitia I Made Budiastrawan, S.Kom., M.M dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait dengan rencana kerja dari seluruh komponen di bidang kemahasiswaan agar menjadi satu arah yakni mendukung tercapainya pemenuhan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi, sehingga pola pembinaan ormawa yang merupakan wadah pengembangan diri dan aktualisasi mahasiswa dapat lebih dioptimalkan Kembali agar searah dengan tujuan pergguruan tinggi. Diharapkan melalui forum ini dapat menjadi sarana komunikasi dan diskusi atara pihak ormawa dengan pihak rektorat dalam hal ini biro kemahasiswaan, sehingga segala program kerja yang telah di direnacanakan oleh ormawa dapat berjalan dengan baik. “Kami di Biro Kemahasiswaan sebisa mungkin akan memfasilitasi pelaksaan kegiatan ormawa yang telah diprogramkan, baik itu dari segi perijinan kegiatan, dispensansi, pendampingan, dan pendanaan kegiatan,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D.,IPU. dalam hal ini menyampaikan, kegiatan ini sangatlah penting untuk penyamaan persepsi antara ormawa dengan pihak kemahasiswaan rektorat agar apa yang sudah di programkan di tahun 2023 ini selaras dengan visi misi Unud ke depan, selaras dengan target-target kinerja Unud yang ditarget oleh kementerian. Maka dari itu inilah yang harus disamakan persepsi dan draf langkah kita untuk mencapai itu semuanya. Apapun yang ditargetkan tersebut sangatlah berpengaruh dengan kemajuan dan perengkingan Universitas Udayana.

“Target di kemahasiswaan itu iyalah IKU 1 yaitu Tracer study yang didalamnya terdapat seperti berapa lulusan yang sudah berwirausaha, berapa lulusan yang melajutkan studi, berapa lulusan yang mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan dengan gaji 1,2 x UMP. Selain itu juga ada IKU 2 yaitu prestasi dan MBKM yang didalamnya terdapat berapa jumlah mahasiswa berprestasi, dan berapa jumlah mahasiswa melaksanakan kegiatan 20 SKS di luar kampus, nah inilah yang harus ditingkatkan di tahun 2023,” ujar Wakil Rektor. (LA-Yog)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *