Ikatan Alumni Unud (IKAYANA) Rayakan HUT ke-48

121 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Ikatan Alumni Universitas Udayana (IKAYANA) merayakan HUT ke-48 pada 25 Januari 2023. Perayaan digelar secara sederhana yang diawali dengan persembahyangan bersama di Pura Widya Maha Amrta Kampus Sudirman Denpasar. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan mewakili Rektor Universitas Udayana, Ketua dan segenap pengurus IKAYANA. Perayaan HUT ke-48 ini ditandai dengan tiup lilin dan pemotongan tumpeng oleh Ketua IKAYANA bertempat di area RTH Kampus Sudirman Denpasar.

Ketua IKAYANA Prof. Ir. I Made Supartha Utama, MS.,Ph.D pada kesempatan tersebut menyampaikan IKAYANA didirikan pada tahun 1975 dan sekarang organisasi ini masih eksis dan juga akan berkembang terus sesuai dengan dinamika kebutuhan almamater, masyarakat dan alumni. Kita punya misi disamping untuk memberikan pelayanan dan manfaat bagi alumni dan anggota IKAYANA itu sendiri juga kita punya misi untuk pengembangan masyarakat disamping memberikan kontribusi yang signifikan bagi almamater. Setiap perayaan diadakan kegiatan pelayanan alumni dan juga kepada masyarakat. Kali ini diadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa aksi sosial kesehatan dan juga Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan di Desa Tembok Kabupaten Buleleng. Kegiatannya diisi dengan penyuluhan tentang stunting, penyakit keterbelakangan mental dan juga penyakit lainnya termasuk pencegahan kanker serviks. Sementara FGD akan mengambil topik mengembalikan kejayaan jeruk Tejakula dan ini juga kebetulan merupakan program Pemprov Bali.

Disamping itu pada tahun 2020 juga telah dilakukan penanaman seribu bibit bambu tabah untuk konservasi alam dipinggir Danau Buyan dan hasilnya sekarang ini bambu dilaporkan cukup bagus pertumbuhannya. Begitu juga rebungnya dan dalam perayaan HUT ini juga akan dilakukan penyuluhan bagaimana mengembangkan produk dari rebung tersebut. IKAYANA juga akan menyerahkan secara formal beasiswa kepada mahasiswa Unud, dimana sudah ada MoU yang akan diperpanjang lagi tahun ini. Pihaknya juga akan senantiasa melaksanakan program-program yang lebih signifikan lagi berkontribusi pada almamater.

Sementara Wakil Rektor Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D.,IPU mengucapkan selamat HUT ke-48 IKAYANA dan berharap dengan semakin bertambahnya usia dapat semakin eksis lagi dan lebih berkontribusi pada almamater dan alumni. IKAYANA adalah mitra universitas yang paling dekat, dimana setelah lulus alumni tidak boleh lepas dari almamaternya dan tetap berkontribusi. Salah satu contoh sederhananya adalah dalam pelaksanaan tracer studi dengan ikut berpartisipasi mengisi tracer studi. Kontribusi lainnya bisa dilakukan dalam banyak hal seperti beasiswa. Harapan kedepan lebih banyak lagi kontribusi IKAYANA pada almamater dan menjalin komunikasi dengan almamaternya. IKAYANA sudah ada dimana-mana, namun militansinya masih perlu ditingkatkan sehingga semakin solid dan mampu berperan bagi almamaternya dan bangsa. (LA-Yog)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *