Realisasikan Kegiatan PKKM, Prodi Teknik Mesin Unud selenggarakan “International Symposium on Thermofluids of Energy System”

148 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Salah satu kegiatan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Udayana (Unud) adalah simposium internasional dengan tema kegiatan ‘International Symposium on Thermofluids of Energy System and Material (ISTESM 2022)’ yang menghadirkan pembicara dari Program Studi Institut Teknologi Teknik Mesin dan Shibaura, Jepang.

Simposium ini dikemas menjadi empat seri selama bulan Oktober – Nopember 2022, dimana seri pertama telah dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2022 secara berani melalui pertemuan Webex. Pada Kesempatan ini menghadirkan dua pembicara utama, Prof. Akito Takasaki, dengan materi ‘Situasi energi di Jepang dan penyimpanan hidrogen dalam bahan padat’ dan Prof. I Nyoman Suprapta Winaya dengan topik ‘Waste Energy Conversion technology: Green and Clean.’ Pada seri pertama ini ada total 113 peserta yang hadir baik dari mahasiswa Unud, dosen dan stake holder serta peserta dari luar Unud.

Pada kesempatan seri pertama ini, Dekan Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Ir. I Ketut Sudarsana, ST, PhD., secara langsung membuka simposium yang didahului dengan penjelasan dari ketua panitia, Dr.Eng. Made Sucipta, ST., MT., yang melaporkan keempat seri dalam simposium ISTESM 2022. Dekan Fakultas Teknik menjelaskan bahwa selain dari simposium internasional yang dilaksanakan adalah realisasi kegiatan PKKM Program Studi Teknik juga sebagai bentuk realisasi MoU antara Universitas Udayana dengan Shibaura Institut Teknologi yang sudah dijalin mulai beberapa tahun yang lalu.

Prof Akito Takasaki yang juga merupakan Vice President Shibaura Institute of Technology menambahkan bahwa ada banyak peluang kerjasama yang dapat dilakukan selain joint conference, joint research bahkan sangat memungkinkan untuk mendukung dalam hal ‘sandwich Program for sarjana student’. Dekan Teknik menyambut baik tawaran program sandwich tersebut dan berharap dapat direalisasikan antara kedua belah pihak, karena untuk penelitian bersama, konferensi bersama sudah dilaksanakan, bahkan sudah ada dosen dari Program Studi Teknik yang pernah menjadi dosen kunjungan di Institut Teknologi Shibaura. (LA-Yog)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *