Forpimpas Siap Kolaborasi Antar Pascasarjana Di Seluruh PTN

136 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Pertemuan antara pimpinan Pascasarjana Perguruan Tinggi Negeri wilayah Indonesia barat kembali dihelat. Pertemuan yang bertajuk Seminar dan Rapat Tahunan (Semirata) Forum Pimpinan Manajemen (Forpimpas) tahun 2022 dengan tema “Inovasi dan Sinergi Pengelolaan Program Pascasarjana dalam peningkatan Daya Saing di Era Digital”.Kegiatan ini berlangsung 13-15 Oktober 2022 di Aac Dayan Dawood, diikuti 13 kampus yang berada di bawah Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS-PTN Wilayah Barat).

Direktur Pascasarjana Universitas Udayana, Prof. Ir. Linawati, M.Eng.Sc.,Ph.D, dan Wakil Direktur II Prof. Dr. Ir. Dr. I Gusti Ayu Putri Kartika, SH., MH. menghadiri undangan secara langsung membuka seminar yang sekaligus untuk bersilaturrahmi.

Seminar ini yang dibuka oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., IPU, Asean Eng yang sekaligus menjadi pembicara utama.

Direktur Program Pascasarjana USK, Prof. Dr. Hizir Sofyan mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Forpimpas yang hadir dalam Forum ini. kegiatan ini menjadi media untuk saling sinergi.

“Kolaborasi ini tidak hanya untuk perguruan tinggi di wilayah barat, tapi juga untuk wilayah tengah dan timur, termasuk ke luar negeri.” kata Prof. Hizir.

“Tentu sangat penting berkolaborasi dengan Kemendikbudristekdikti, Kemenag dan BRIN untuk bantuannya dalam hal riset,” tambahnya.

Wakil Rektor I USK, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si mengatakan, “Pergerakan pascasarjana kita tidak bisa menghasilkan inovasi. Untuk itu, transfer pengetahuan saja tidak cukup, harus transfer kreativitas,” kata Prof Agussabti.

Diselah Acara Direktur Pascasarjana Universitas Udayana Prof. Ir. Linawati, M.Eng.Sc.,Ph.D mengucapkan terima kasih telah diundangkan pada Forum ini. Kehadiran sejumlah PTN pada acara Semirata Forum pimpinan pascasarjana (Forpimpas) tahun 2022 menjadi momen silaturahmi dalam melakukan koordinasi dan kolaborasi bersama, wujudkan layanan pascasarjana yang bermutu”.

“Pada acara ini kita bisa saling berbagi program inovasi, yang mendidik generasi muda bangsa, unggul dan handal di masa yang akan datang.” ujarannya. 

Dalam seminar ini juga menghadirkan narasumber sebagai pembicara yaitu Prof. Dr. Hammam Riza, M.Sc, dari Badan Riset dan Inovasi Nasional, Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Imam Suprayogo, dari UIN Maulana Malik Ibrahim, dan Prof. Dr. Irwan Abdullah, dari Universitas Gadjah Mada. (LA-Yog)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *