Membanggakan, Cakra Kanigara Raih Gelar 2nd Runner Up Dalam International Debat Competition 2022

57 Views

Badung, LAKSARA.ID – Tim debat Cakra Kanigara yang beranggotakan dua mahasiswa Universitas Udayana, Ahmad Farras Zhafir dari Fakultas Pariwisata dan I Putu Martin Winata dari Fakultas Teknik, berhasil meraih gelar 2nd Runner Up dalam International Debate Competition serangkaian Tourism Olympic X, yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Bali pada tanggal 16-18 September 2022.

Dalam kompetisi debat yang menggunakan sistem british parliamentary ini, delegasi Universitas Udayana berhadapan dengan tim-tim tangguh lainnya, dengan opsi peran sebagai opening government, opening opposition, closing government, dan closing opposition.

Zhafir dan Martin berhasil melaju ke babak Grand Final setelah melewati 3 Preliminary Rounds atau babak penyisihan yang berlangsung ketat dan menegangkan, dengan memperdebatkan 3 mosi yang masing-masing memiliki perbedaan. Walaupun sempat mengalami keterpurukan di round 2 dengan berada di posisi ke empat, tim Cakra Kanigara tidak goyah, hingga berhasil merebut posisi pertama di round terakhir, dan berhasil menduduki 2nd rank pada detik-detik menuju babak grand final.

Babak grand final diawali dengan pengundian peran dan pengumuman mosi. Tim Cakra Kanigara mendapat mosi Religion bring more good than harms. Tim ini kemudian melakukan case building dan selanjutnya bertarung di babak penentuan. Hingga pada akhirnya ditetapkan sebagai 2nd Runner Up International Debate Competition.

Tim Cakra Kanigara merasa sangat bersyukur karena ini adalah kali pertama bagi Zhafir dan Winata dipertemukan sebagai tim. Merupakan kali pertama juga bagi tim Cakra Kanigara memulai kiprahnya di kompetisi debat, yang berbuah manis dengan meraih gelar 2nd Runner Up. (LA-Yog)
Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *