FT Unud Selenggarakan Workshop Akreditasi Internasional IABEE Menuju General Accreditation

317 Views

Jimbaran, LAKSARA.ID – Fakultas Teknik Universitas Udayana telah menyelenggarakan Workshop Akreditasi Internasional IABEE Menuju General Accreditation, Jumat 22 Juli 2022 di Ruang Sidang FT Lantai 3 Gedung Dekanat FT Unud Bukit Jimbaran. Workshop ini memiliki tujuan dalam memberikan informasi terkait penyempurnaan LED dan Ikthisar sekaligus pendampingan General Accreditation (GA) IABEE yang melibatkan Program Studi Sarjana Teknik Sipil.

Secara umum pengertian IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) merupakan organisasi independen nirlaba yang didirikan lembaga Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi di bidang teknik dan computing. Keberadan IABEE sudah diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai badan yang bertanggung jawab terhadap akreditasi program-program studi di bidang teknik tersebut.

Acara diawali dari Moderator Dr. Ir. Ngakan Ketut Acwin Dwijendra, ST., MA., IPU., ASEAN, Eng, kemudian dilanjutkan dari laporan Ketua UP3M Dr. Wayan Nata Septiadi, ST.,MT menyampaikan bahwa Program Studi Sarjana Teknik Sipil sudah menyelesaikan LED maupun Ikthisar dengan menyesuaikan standar yang ditetapkan IABEE yang telah diupload pada tanggal 8 Juli 2022 dan saat ini sedang menunggu hasil tanggapan tersebut. Kemudian sambutan dari Dekan Fakultas Teknik Ir. I Ketut Sudarsana, ST.,Ph.D. sekaligus membuka acara workshop ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Bapak Dekan Fakultas Teknik bahwasannya diadakan workshop ini sebagai sharing dan tambahan informasi yang jelas terkait penyusunan yang terkandung di dalam Ikthisar maupun LED, harapannya agar tidak ada hal yang rancu atau kesalahpahaman dalam laporan tersebut. Oleh sebab itu, Fakultas Teknik mengundang Dosen Teknik Sipil UNHAS Dr. Eng. Ir. Rita Irmawaty, ST.,MT selaku Narasumber dan Pendamping GA IABEE untuk Program Studi Sarjana Teknik Sipil. (LA-010)

Sumber: www.unud.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *