Kamis, Juli 18, 2024
BerandaDenpasarPerluas Wawasan, FKH Unud Studi Banding ke SKBH IPB University

Perluas Wawasan, FKH Unud Studi Banding ke SKBH IPB University

Denpasar, LAKSARA.ID – Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana merupakan salah satu Fakultas Kedokteran Hewan di Indonesia khususnya bagian timur yang berpotensi berkembang menyamai fakultas sejenis yang sudah maju. Namun untuk menata, mengelola dan mengoptimalkan itu, FKH Unud masih perlu belajar dari universitas yang telah maju dan unggul.

Karena itu, dalam rangka memperluas wawasan mengenai penerapan pendidikan dan penerapkan budaya mutu yang baik, kurikulum Kampus Merdeka Merdeka Belajar (KMMB) dan program kerja sama, FKH Udayana melakukan studi banding ke Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University, Senin ( 30/05/2022 )

Rombongan FKH Udayana disambut oleh Dekan SKHB dan didampingi oleh pimpinan lainnya yaitu para wakil dekan dan kepala unit serta Agrianita yang ada di SKHB IPB. Bertempat di ruang pertemuan kampus SKHB IPB, kampus Dramaga, Dekan SKHB, IPB University, Prof. drh. Deni Noviana, Ph.D., DAiCVIMi menyampaikan sekilas tentang kemajuan-kemajuan yang diperoleh oleh SKHB IPB sampai saat ini.

Walaupun telah berstatus unggul dan berakreditasi internasional, SKHB IPB juga tetap ingin menjalin Kerjasama dengan fakultas sejenis baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satunya FKH Universitas Udayana. Prof Deni berharap dari kerjasama ini dapat saling menguntungkan terutama dalam hal Pendidikan dan penelitian. kedepannya Prof Deni berharap dari studi banding ini serta yang dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dapat mengambil  praktik baik apa yang ada di Bali terutama hal yang tidak dimiliki oleh IPB seperti penelitian bidang anjing kintamani dan sapi bali.

Prof Deni berpesan agar kedua institusi melihat visi yang jauh lebih besar dari sekedar kemajuan dua institusi yaitu SKHB IPB dan FKH Unud,namun lebih maju lagi  yaitu kemajuan Indonesia sebagai bangsa yang besar melalui kiprah positif dan aktif kedua institusi ini.

Dalam paparannya, Dekan FKH Udayana, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si menyampaikan maksud dari benchmarking ini adalah berbagi keberlanjutan dan perbaikan program penjaminan mutu (budaya mutu, penyempurnaan kebijakan, prosedur, standar mutu, dan lain-lain ) pada Fakultas Kedokteran Hewan Udayana.

Tujuan kegiatan ini adalah belajar pada universitas negeri yang telah maju dan ungul dalam penerapan pendidikan dan telah menerapkan budaya mutu yang baik. Lebih lanjut, Prof Suartha menyampaikan rasa senangnya bisa studi banding di SKHB IPB University karena menurutnya IPB adalah Universitas yang sangat maju dan ungul.

Pemilihan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, IPB University dikarenakan IPB merupakan perguruan tinggi negeri yang telah berstatus internasional ini dibuktikan dengan QS Ranking masuk pada peringkat 100 besar. Dia berharap FKH Udayana bisa belajar dari pengalaman SKHB IPB agar dapat menerapkannya di FKH Unud. Pada kesempatan tersebut, Prof Suatha menawarkan kerjasama dalam hal mengembangkan anjing kintamani Bali, sesuai juga dengan keinginan pemerintah Bali untuk meningkatkan kualitas anjing kintamani.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dengan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis IPB University.

Penandatanganan PKS ini merupakan komitmen FKH Unud dalam mencapai Indeks Kinerja Utama yang sesuai dengan harapan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Demi mencapai IKU bidang kerja sama, FKH Unud bekerja sama dengan IPB University sebagai salah tau Institusi Pendidikan Tinggi dengan ranking 100QS.

Kerjasama ini mencangkup bidang Pendidikan dimana mahasiswa masing-masing Institusi baik FKH Unud maupun SKHB IPB dapat melakukan kerja sama baik berupa pertukaran pelajar maupun magang pada lintas institusi. Selain itu juga terdapat kerja sama pada bidang riset, khususnya riset konservasi plasma nufah yang ada di Indonesia di mana di Bali saat ini telah berdiri Pusat Penangkaran Anjing Kintamani yang dimana akan membuka peluang riset yang sangat besar bagi kedua institusi.

Pada bidang Pengabdian Kepada Masyarakat dari IPB maupun Unud telah melaksanakan kegiatan kerja sama pengabdian kepada masyarakat yang sudah berlangsung lama seperti kegiatan Kuliah Kerja Nyata, dimana bulan Juni ini IPB University mengadakan KKN di Nusa Penida Bali.

Kegiatan benchmarking kemudia ditutup dengan kegiatan melihat secara langsung sambil berdiskusi mengenai sarana-prasarana yang ada pada SKHB IPB. Mulai dari Gedung Perkuliahan, Rumah Sakit Hewan Pendidikan sampai Equistrian Center SKHB IPB.

Diskusi materi tidak hanya semata pertukaran insight namun juga terdapat beberapa wacana baru seperti kerja sama yang lebih instens antara SKHB IPB University dan FKH Udayana ke depannya.

Wacana kerjasama yang mungkin akan direalisasikan berupa kerjasama penelitian plasma nutfah yang ada di Bali serta pengabdian ke pada masyarakat. (LA-Yog)

Sumber: www.unud.ac.id

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments