Minggu, Juli 14, 2024
BerandaDenpasarBerlangsung Daring, Digelar DMO Bagi Anggota Muda SM-FKH Unud

Berlangsung Daring, Digelar DMO Bagi Anggota Muda SM-FKH Unud

Denpasar, LAKSARA.ID – Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana menyelenggarakan Diklat Manajemen Organisasi (DMO) bagi Anggota Muda Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

DMO merupakan program kerja dari kolaborasi ketiga Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. DMO akan memberikan pendidikan dan pelatihan untuk para anggota muda dengan harapan dapat membentuk fungsionaris SM-FKH Unud yang mampu melakukan proses fungsi manajemen organisasi. Fungsi tersebut terdiri atas planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (mengarahkan), dan controlling (pengawasan) dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya sebagai fungsionaris SM-FKH Unud.

Tahun ini, DMO mengusung tema “Tuang Cipta, Rasa, Karsa Kepemimpinan dalam Diklat Manajemen Organisasi” dan dilaksanakan pada Sabtu, 26 Februari 2022 pada pukul 08.00 Wita secara luring di Ruang Sidang FKH Unud serta secara daring melalui Cisco Webex Meeting.

DMO 2022 diikuti 44 peserta dari ketiga SM-FKH Unud yang terdiri dari 20 Anggota Muda BEM, 6 Anggota Muda DPM, dan 18 Anggota Muda LPM Suara Satwa. Kegiatan ini dihadiri Ketua dan Wakil Ketua BEM, Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum DPM, serta Pemimpim Umum dan Pemimpin Redaksi LPM Suara Satwa.

Persiapan dan keberlangsungan kegiatan ini didampingi Steering Committee dan diawasi Koordinator Pengawas serta pengawas yang ditugaskan DPM FKH Unud.

Kegiatan ini diisi tiga pembicara yang membahas seputar organisasi dan administrasinya. Pembicara pertama adalah Wakil Dekan I, Dr. drh. I Gusti Ngurah Sudisma, M.Si., yang menyampaikan materi tentang organisasi dari sudut pandang dekanat. Pembicara kedua, Dr. drh. Luh Gde Sri Surya Heryani, M.Biomed., yang menyampaikan materi mengenai “Strategi kilat dalam administrasi kegiatan organisasi”. Sesi penyampaian materi ditutup dengan talk show bersama mantan Wakil Ketua BEM FKH Unud periode 2020/2021, Luh Made Nanda Ayuni yang membahas “Meningkatkan Keterampilan Dasar Berpikir Kritis, dan Etos Kerja dalam Organisasi”.

Melalui DMO, anggota muda dilatih untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh panitia sebagai bentuk penugasan kelompok. Sebelum kegiatan diakhiri, peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan pandangan dan solusi mereka terkait masalah-masalah tersebut.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama serta pengisian kuesioner kegiatan yang diberikan DPM FKH Unud. (www.unud.ac.id).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments