Hasil Penelitian Inovasi, FTP Unud Hasilkan Coklat Probiotik

744 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – Cochosyn adalah produk coklat yang bukan sekadar coklat, melainkan Coklat Probiotik. Coklat Probiotik (Cochosyn) merupakan salah satu hasil penelitian inovasi kerja sama antara Pusat Kajian Probiotik dan Kesehatan Usus, Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan PT Cau Coklat Internasional.

Peneliti dari FTP UNUD, Dr. Ir. Komang Ayu Nocianitri, M.Agr.Sc menerangkan bahwa proses pembuatan coklat biasanya melalui beberapa tahapan seperti pengadonan, penghalusan dan conching. Dalam proses pembuatan Cochosyn menggunakan bahan dasar coklat dan bahan tambahan yaitu bakteri probiotik dan tepung pisang khusus yang bersifat prebiotik. Fungsi dari tepung pisang khusus yang bersifat prebiotik ini adalah untuk membantu pertumbuhan bakteri probiotik. Jadi produk ini dilabel Cochosyn yang berarti coklat dengan sinbiotik (prebiotik dan probiotik) dimana prebiotik adalah makanan dari probiotik.

Produk Cochosyn ini sangat bemanfaat untuk menyehatkan saluran cerna. Selain itu juga dapat meningkatkan stimulasi bakteri menguntungkan dalam saluran cerna dan meningkatkan integritas mukosa saluran cerna serta meningkatkan penyerapan gizi dan imunitas.

Tim peneliti produk coklat probiotik ini terdiri dari Ir. I Nengah Sujaya, M.Agr.Sc.Ph.D; Dr. Ir. Komang Ayu Nocianitri, M.Agr.Sc.; dr. Ni Nengah Dwi Fatmawati, S.Ked., Sp.MK.(K), Ph.D; dr. Ni Nyoman Metriani Nesa, M.Sc.,Sp.A.; dan dr. Ni Wayan Arya Utami, M.App.Bsc., Ph.D. Inovasi-inovasi selanjutnya akan dikembangkan untuk penyempurnaan produk coklat Cochosyn ini. (www.unud.ac.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *