Rabu, Juli 17, 2024
BerandaHeadlinesPetani Mayungan Antusias Sambut FP Unud Bagikan 2.500 Bibit Sengon Gratis

Petani Mayungan Antusias Sambut FP Unud Bagikan 2.500 Bibit Sengon Gratis

Tabanan, LAKSARA.ID – Prof I Gusti Ngurah Santosa, dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana (FP Unud) turun tangan membantu petani Mayungan, Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan mendapatkan bibit Sengon (Albizia chinensis) secara gratis dari Persemaian Permanen Suwung, Dinas Kehutanan yang terletak di Suwung Denpasar.

Bibit yang didapat itu kemudian ditanam di lapangan pada musim hujan sekitar Januari-Februari 2022 pada areal seluas 2 hektar. Di samping Sengon, Dinas Kehutanan juga menyiapkan bibit Alpukat, Ampupu, Aren, Cempaka, Cendana, Gaharu, Intaran, Jambu Biji Merah, Kayu Putih, Ketapang, Majegau dan lain-lain.

Petani Mayungan tertarik menanam bibit Sengon karena banyak manfaat dan pemeliharaannya mudah. Dalam waktu 5-6 tahun sudah bisa dipanen. Sengon dapat tumbuh pada ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, tapi akan tumbuh baik sampai ketinggian 800 meter. Sengon banyak dikembangkan untuk pembangunan hutan industri maupun hutan rakyat.

Manfaat Sengon adalah untuk memelihara kesuburan tanah karena akarnya punya bintil untuk persediaan Nitrogen, daunnya baik untuk makanan ternak karena kandungan proteinnya tinggi, kayunya untuk konstruksi ringan, kebutuhan furniture, dan sebagai bahan baku bubur kertas. Sengon juga berfungsi untuk mencegah erosi dan memelihara go-green, ujar Prof Santosa . (www.unud.ac.id)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments