Terima Audiensi Pengurus Inti IKAYANA Vet, Dekan FKH Unud: Diharapkan Koordinasi Alumni dan Fakultas

307 Views

DENPASAR, LAKSARA.ID – Pengurus inti Ikatan Alumni Udayana Komisariat FKH (IKAYANA Vet) melaksanakan audiensi dengan Pimpinan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana (FKH UNUD). Kegiatan audiensi ini dilaksanakan di ruang sidang lantai 1 FKH, Rabu (2/2/2022) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dekan FKH, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si menyampaikan terima kasih atas kedatangan pengurus inti IKAYANA Vet pada audiensi ini. “Peran alumni sangat penting dalam kemajuan fakultas, sehingga diharapkan adanya koordinasi dan kerja sama antara alumni dan fakultas,” ucap Prof. Suartha.

Salah satu indikator kemajuan fakultas adalah akreditasi. Untuk mencapai akreditasi unggul peran alumni itu sangat penting untuk memperbaiki mutu fakultas, daerah dan bangsa secara luas. Sehingga masukan, informasi dan pandangan dari para alumni sangat dibutuhkan oleh fakultas.

Kegiatan audiensi ini bertujuan untuk silaturahmi dengan pimpinan baru FKH sekaligus meminta saran dan pendapat mengenai rencana kerja IKAYANA Vet tahun 2021-2025 agar dapat bersinergi dengan kegiatan yang dilaksanakan di FKH.

“Adapun rencana kerja kami yang dilantik pada 13 November 2021 ini, adalah ingin mensosialisasikan kembali wadah IKAYANA Komisariat FKH agar lebih dikenal dan dapat merangkul para alumni di seluruh Indonesia, melakukan kegiatan bakti sosial atau pengabdian kepada masyarakat minimal sebulan sekali yang melibatkan civitas akademika FKH serta diharapkan setiap kegiatan yang dilakukan oleh fakultas agar melibatkan alumni,” ungkap Ketua IKAYANA Komisariat FKH, drh. I Wayan Yustisia Semarariana, M.Si.

Kontribusi dan keterlibatan alumni harus jelas, nyata dan terbukti sahih serta harus ada rutinitas. Rutinitas ini harus terukur dengan jelas. Salah satunya dengan menyelenggarakan Alumni Award untuk mahasiswa, pegawai, dosen dan alumni berprestasi, terlibat dalam menentukan visi misi, arah dan tujuan FKH, terlibat dalam penyusunan kurikulum dan pembelajaran, serta dalam kegiatan Tracer Study mengenai kepuasan layanan terhadap alumni. Hal yang paling penting adalah ikut serta dalam kegiatan Alumni Mengajar yang merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam program Menteri Pendidikan.

“Untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat diharapkan dapat membuat satu atau dua desa binaan yang dilaksanakan secara kerja sama dan rutin dilakukan,” ungkap Wakil Dekan Bidang Pendidikan dan Perencanaan, Dr. Drh. I Gusti Ngurah Sudisma, M.Si. (www.unud.ac.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *