Tingkatkan Kompetensi, 100 Poklahsar Buleleng Ikuti Pelatihan Pengembangan Usaha Olahan Ikan Nila

244 Views

Buleleng, LAKSARA.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng bersinergi dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi menggelar Pelatihan Pengembangan Usaha Olahan Ikan Nila, Selasa, (25/1). Hal ini dilakukan guna meningkatkan kompetensi Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Kabupaten Buleleng.

Kepala DKPP Buleleng, I Gede Putra Aryana menerangkan kegiatan pelatihan yang berlangsung di Kantor DKPP Buleleng itu merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan kompetensi Poklahsar di Buleleng. Menurutnya, olahan ikan nila yang sering dijumpai sebagian besar diolah sederhana, misalnya digoreng atau dijadikan “Nyat-nyat”.
“Pelatihan ini sangat penting bagi kami dalam rangka mengembangkan kompetensi Poklahsar. Sebanyak 100 anggota diberikan pelatihan hari ini, dan semuanya mampu menyelesaikan empat menu olahan ikan nila,” ujarnya.

Kadis Putra Aryana juga menyampaikan, pelatihan oleh BPPP Banyuwangi yang dilakukan secara daring itu menggandeng chef profesional dari hotel bintang 5 di Banyuwangi. Maka dari itu, pihaknya meyakini menu olahan nila yang disajikan nanti benar-benar memiliki kualitas yang mampu bersaing di pasaran. “Pelatihan ini bukan saja untuk mengembangkan kompetensi Poklahsar, namun juga dapat memberikan efek yang bagus ke depannya. Peserta pelatihan bisa mengetuk tularkan hasil dari latihan ini kepada anggota kelompok lainnya dan juga bisa dipasarkan secara online,” terang Kadis Aryana.

Ditambahkan, pihaknya secara berkelanjutan akan melakukan monitoring dan evaluasi atas hasil dari pelatihan pengembangan usaha olahan ikan nila ini. Sehingga apa yang menjadi tujuan bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program pemberdayaan DKPP Buleleng dapat tercapai dengan baik dan berkembang seiring waktu. (LA-010)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *