Kerja Sama LPPM Unud – BRIN, Gelar Sosialisasi Peluang dan Insentif Penerbitan Buku

637 Views

Denpasar, LAKSARA.ID – LPPM Unud, Pusat Penelitian Kebudayaan, bekerja sama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) menggelar Sosialisasi ‘Peluang dan Insentif Penerbitan Buku Program Akuisisi Pengetahuan Lokal di Penerbit BRIN’, Selasa (28/12/2021) secara virtual via zoom meeting.

Kegiatan diikuti civitas akademika Universitas Udayana, ISI Denpasar, ISBI Bandung, Universitas Sumatera Barat Pariaman, Universitas Negeri Jakarta, dan beberapa universitas lainnya, hingga hadir 300 peserta.

Acara diawali oleh sambutan Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi dan dibuka oleh Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi, Dr. Mego Pinandito, M.Eng. Acara juga dihadiri oleh Sekretaris LPPM Unud, Ir. NMAE Dewi Wirastuti, ST., MSc., PhD., IPM. Tiga narasumber yang hadir, yaitu : 1) Muhammad Fadly Suhendra dengan materi tentang “Program Akuisisi Pengetahuan Lokal: Penyediaan sumber Literasi akses terbuka”, 2) Dhevi EIR Mahelingga dengan materi tentang “Peningkatan Impact Factor Buku Ilmiah melalui OMP”; 3) Meita Safitri materi tentang “Peran media sosial dalam penyebaran publikasi ilmiah”. Acara sosialisasi berlangsung dengan dipandu oleh Ketua Pusat Penelitian Kebudayaan LPPM Unud, Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt.

Dalam sambutannya, Prof Suarsana menyampaikan bahwa buku menjadi salah satu luaran hibah penelitian dan pengabdian di samping luaran wajib yang berupa jurnal. Tapi dalam perkembangannya belum banyak luaran yang berupa buku baik buku ajar, buku referensi dan buku monograf yang dihasilkan dari hibah penelitian dan pengabdian di Unud. Dengan adanya acara sosialisasi ini, para civitas akademika Unud dapat memanfaatkan peluang dan insentif yang diberikan oleh BRIN sehingga mempersiapkan buku-buku yang sesuai dengan kriteria pemberian insentif penerbitan buku di BRIN. (LA-DP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *