FT Unud Selenggarakan Yudisium ke-145, Lepas 44 Calon Wisudawan

554 Views

Jimbaran, LAKSARA.ID – Pada bulan Desember 2021 ini, Fakultas Teknik (FT) Universitas Udayana Unud) menyelenggarakan kegiatan bertema ‘Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan’ dan menggelar Yudisium Fakultas Teknik Periode 145 secara Hybrid (luring dan daring).

Kegiatan dilakukan dengan titik lokasi utama bertempat di Ruang Sidang I, Lt.III Gedung Dekanat Fakultas Teknik Jimbaran, Kamis (09/12/2021).

Kegiatan Yudisium ke-145 ini menjadi pelepasan calon wisudawan Fakultas Teknik Universitas Udayana terakhir di tahun 2021.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Prof I Nyoman Suprapta Winaya ST MA Sc PhD menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan tentang wawasan kewirausahaan kepala lulusan dengan mengundang narasumber dari alumni Fakultas Teknik yang telah berpengalaman di dunia kerja. Wakil Dekan dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah lulusan pada pelepasan kali ini sebanyak 44 orang, yang terdiri dari 3 lulusan program doktor, 4 lulusan program magister, serta 37 lulusan dari program sarjana. Dengan total alumni dari Tahun 1987 sebanyak 13.303 orang. Lulusan terbaik tingkat Fakultas diperoleh Dr Ir I Made Kariyana ST MT dari Prodi Doktor Ilmu Teknik, Hisyam Rahmawan Suharno ST MT dari Prodi Magister Teknik Elektro, dan Ida Bagus Kade Taruna SKom yang berasal dari Prodi Sarjana Teknologi Informasi.

Narasumber yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari alumni Program Studi Arsitektur I Gusti Ayu Novi Yutami, ST MT MSc. yang menyampaikan tentang perjalanan karir yang telah ditempuhnya serta tips menghadapi dan menyiapkan diri dalam menerima peluang. Selain itu, juga diberikan tips bagaimana cara menghadapi rasa takut, serta tips lainnya yang dapat digunakan untuk menghadapi masa depan di dunia kerja.

Acara diakhiri dengan sambutan Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana Ir I Ketut Sudarsana ST PhD yang menyampaikan bahwa calon wisudawan harus mengerti apa tuntutan kemampuan pada Era Revolusi Industri 4.0 yang dikenal dengan 6C-Skills yaitu communication, collaboration, critical thinking, creative thinking, computational logic dan compassion, serta 3 Literasi Baru (literasi data, teknologi, dan manusia). Selain 6C-Skills dan 3 literasi baru ini, hal terpenting yang menjadi kunci utama untuk sukses dalam dunia kerja adalah kejujuran dan bekerja dengan hati.

“Ilmu yang saudara-saudara sudah persiapkan, kompetensi yang saudara sudah miliki, serta pengalaman belajar di Perguruan Tinggi sebagai insan dewasa,jadikan bekal untuk menjalani profesi yang saudara-saudara pilih nantinya,” ujar Dekan Fakultas Teknik. (LA-BD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *