Tanam 3.000 Bibit Pohon di Desa Bunutan, Wabup Artha Dipa : Ini Langkah Mitigasi Bencana Longsor

336 Views

Karangasem, LAKSARA.ID – Wakil Bupati Karangasem Wayan Artha Dipa memiliki perhatian tersendiri terhadap pelestarian alam, khususnya di wilayah Bumi Lahar ini.

Pada hari Jumat (10/12/2021), Wabup Artha Dipa ikut serta menanam secara simbolis bibit pohon, di Desa Bunutan Kecamatan Abang. Sebanyak 3.000 bibit pohon yang terdiri dari 1.000 bibit jambu biji merah dan 2.000 rumput vetiver ditanam bersama kurang lebih 200 orang yang terdiri dari masyarakat Banjar Dinas Sega, Banjar Dinas Bangle, siswa siswi SD N 1 Bunutan, SMP N 1 Atap Bunutan serta Instansi terkait.

“Semoga dengan penanaman ini bisa memperkuat struktur tanah dan mengurangi potensi juga risiko akibat longsor,” kata Artha Dipa.

Penanaman aneka jenis pohon ini merupakan strategi pengurangan risiko bencana dengan tujuan memitigasi dan mencegah potensi bahaya tanah longsor di kawasan dengan kemiringan lereng.

“Potensi bencana alam di Kabupaten Karangasem, tidak perlu kita sikapi dengan rasa takut yang berlebihan. Akan tetapi, fakta potensi bencana alam ini seharusnya justru semakin meningkatkan kita dalam melakukan upaya-upaya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan,” ujarnya.

Dalam sambutan, Wabup Artha Dipa terus mengingatkan pentingnya mitigasi dan pencegahan bencana, salah satunya dengan menanam beberapa vegetasi di daerah rawan longsor.

Dikatakannya, Desa Bunutan merupakan salah satu desa dari 51 desa yang memiliki risiko tinggi terdampak longsor. Berdasarkan data laporan kejadian bencana yang tercatat, Desa Bunutan paling sering mengalami longsor ketika memasuki musim penghujan. Untuk itu, BPBD Kabupaten Karangasem juga sudah memasang alat peringatan dini LEWS Land Slide Early Warning System.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Artha Dipa mengucapkan terimakasih kepada Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Unda Anyar yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem dan segala unsur yang terkait untuk melaksanakan kegiatan pengurangan risiko bencana longsor di Kabupaten Karangasem yang sekarang dilaksanakan di Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

Sebelum menutup sambutannya, Wabup meminta warga ikut serta dalam memelihara bibit pohon yang telah ditanam agar kegiatan penanaman pohon ini tidak sia-sia.

Hadir dalam acara , Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Unda Anyar (BPDASHL Unda Anyar) Titik Wurdiningsih, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Bali Timur (KPHL) I Made Warta dan Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH) Kecamatan Abang. (LA-KR1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *