Kamis, Juli 18, 2024
BerandaDenpasarSerangkaian Goris Festival 2021, Fakultas Pariwisata Unud Gelar Bedah Buku

Serangkaian Goris Festival 2021, Fakultas Pariwisata Unud Gelar Bedah Buku

Denpasar, LAKSARA.ID – Kegiatan launching dan bedah buku digelar oleh Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Unud), yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Webex, pada Kamis tanggal 28 Oktober 2021.

 Acara launching dan bedah buku ini merupakan rangkaian ke-5 atau acara puncak dari kegiatan Goris Festival 2021 yang sebelumnya dibuka oleh acara online workshop “Creative Teaching” dengan narasumber I Made Andi Arsana. 

Tujuan diadakan acara ini adalah peluncuran 10 buku mahakarya dosen Fakultas Pariwisata Unud sebagai sumbangsih pemikiran bagi dunia pariwisata. Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Pariwisata Dekan,  para Kaprodi, para dosen, dan mahasiswa. 

Pada sesi bedah buku difokuskan untuk membahas dua buku, berjudul “Kisah Resiliensi dan Adaptasi di Tengah Pandemi Bali” disajikan Ni Made Swasti Wulanyani dan “Srikandi Kuliner Bali” disajikan Yohanes Kristianto. Tampil sebagai moderator, Nararya Narottama dan Dian. Sementara buku yang diluncurkan ada 10 judul, diantaranya: 1. Strategi Revitalisasi Pariwisata Bali Berbasis CHSE, 2. Kajian Staycation Sebagai Alternatif Pemulihan Pariwisata, 3. Kajian Event, 4. Srikandi Kuliner Bali, 5. Pemikiran Pariwisata, 6. Teori dan Aplikasi Spiritual, 7. Kisah Resiliensi dan Adaptasi di Tengah Pandemi, 8. Pariwisata Bali dalam Perspektif Pragmatisme 9. Pariwisata Berkualitas, dan, 10. Kontestasi Air di Wilayah Suburban, Dinamika Pariwisata dan Eksistensi Subak di Kuta Utara.

“Resiliensi artinya mampu bertahan, beradaptasi, dan do something untuk bangkit kembali. Salah satunya melalui menulis untuk refleksi dan memberikan kekuatan menghadapi pandemi saat ini,” ujar Ni Made Swasti Wulanyani, selaku Dosen Psikologi FK Unud. Ia menekankan bahwa proses menulis bisa menjadi semacam katarsis bagi orang mengalami stres selama masa pandemi.

Sementara Yohanes menekankan kepada peran dunia pariwisata dalam memberikan panggung bagi para perempuan. “Perempuan adalah subjek yang berharga, mandiri, bermartabat, dan harta berharga dalam tahta pariwisata,” kata  Yohanes Kristianto, dalam paparannya membedah buku Srikandi Kuliner Bali.

Acara Goris Festival secara umum merupakan wadah bagi para civitas akademika Fakultas Pariwisata Unud dalam mencintai bahasa sebagai medium pembebasan kreativitas.yang diisi dengan saling interaksi dan berdiskusi terkait topic-topikpariwisata. Tentunya acara ini disiapkan untuk membangun reputasi Fakultas Pariwisata Unud melalui karya-karya buku dan publikasi lainnya. Tidak ketinggalan Acara Goris Fest tahun 2021 diselenggarakan  dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa. Untuk menambah semangat para peserta, disuguhkan dengan persembahan lagu serta puisi dari para dosen dan staf pegawai Fakultas Pariwisata Unud. (LA-DP).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments