Kamis, Juli 18, 2024
BerandaHeadlinesBiro Kemahasiswaan Unud Hilirisasi Program Kreativitas Mahasiswa di Desa Belimbing

Biro Kemahasiswaan Unud Hilirisasi Program Kreativitas Mahasiswa di Desa Belimbing

Tabanan, LAKSARA.ID – Biro Kemahasiswaan Universitas Udayana melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Tabanan pada Jumat (22/10), dalam rangka menghilirisasi hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Kegiatan diawali dengan persembahyangan bersama dan mereresik di Pura Mekori, kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan bertempat di Wantilan Desa Belimbing.

Pengabdian ini merupakan penerapan dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mengimplementasikan kegiatan penelitian yang telah dilakukan baik oleh dosen maupun mahasiswa. “Apa yang dihasilkan penelitian itu tidak hanya menjadi buku, menjadi jurnal, tetapi sudah bisa
diimplementasikan ke masyarakat dan tentu untuk pemberdayaan masyarakat,” jelas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT., PhD.

Didampingi Kepala Biro Kemahasiswaan Universitas Udayana, I Dewa Gede Oka, Prof. Ngakan mengatakan, kegiatan kemahasiswaan ini berpengaruh signifikan terhadap pemeringkatan universitas sehingga harapannya seluruh pihak dapat meningkatkan kinerjanya. “Mari bersama-sama meningkatkan kinerja kita bersama baik itu di
bidang penelitian, baik itu bidang prestasi, pengabdian dan sebagainya ya, MBKM juga karena semua ini adalah merupakan target-target kinerja yang diberikan oleh kementerian,” tambahnya.

Pihak desa Belimbing yang diwakili oleh Perbekel dan Ketua BPD, sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini mengingat sudah terjalinnya kerja sama dengan Universitas Udayana sejak tahun 2007 hingga saat ini.

I Nyoman Surianto selaku Perbekel Desa berharap dengan adanya kolaborasi ini terciptanya suatu sharing terkait informasi dan kemajuan teknologi yang ada di kalangan akademisi sehingga sedikit tidaknya bisa membuka cakrawala dan wawasan daripada sumber daya manusia di desa Belimbing. “Kami mengharapkan sekali kerja sama
atau sinergi ini tetap berlangsung untuk tahun-tahun ke depannya, kami sangat siap dan kami sangat welcome untuk menerima Universitas Udayana,” ucap Nyoman Surianto.

Terdapat tiga bidang yang diimplementasikan dalam pengabdian ini, antara lain pembinaan pokdarwis terkait dengan pelayanan prima dan promosi wisata, alih teknologi gapting dan pengelolaan sampah berbasis sumber. Dr. Ir. I Ketut Sardiana, M.Si., selaku Ketua Udayana Student Creative Center (USCC) menyebutkan kegiatan ini dilakukan oleh tiga kelompok mahasiswa. “Untuk pembimbingan pokdarwis itu oleh kelompok mahasiswa dari Fakultas Pariwisata, kemudian pengolahan sampah oleh kelompok mahasiswa di Fakultas Teknik, sementara untuk teknik perbanyakan tanaman untuk mendukung agrowisata itu dilakukan oleh adik-adik mahasiswa dari Fakultas Pertanian,” jelasnya.

Program ini merupakan wujud program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan secara mandiri dan diharapkan juga sebagai bentuk dari program Kampus Merdeka. Kegiatan ini merupakan rangkaian awal atau launching dan pembinaannya akan dilakukan selama tiga bulan ke depan yang tersebar di wilayah desa
Belimbing sesuai dengan kelompok sasaran. “Kalau pokdarwis itu dengan mengembangkan jalur trekking untuk pengembangan pariwisata itu, berlokasi di dusun Suradadi. Sementara teknik perbanyakan tanaman, itu di dusun Duren Taluh, sementara untuk kegiatan Bank Sampah itu meliputi seluruh desa.” ujar Ketut Sardiana. (LA-010)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments