Kamis, Juli 18, 2024
BerandaBadungCoca Cola-BEDO Gelar Program Medagang Kreatif #2, Juara Pertama Disabet Ealsya Prosa

Coca Cola-BEDO Gelar Program Medagang Kreatif #2, Juara Pertama Disabet Ealsya Prosa

Jimbaran, LAKSARA.ID – Prestasi cemerlang dan membanggakan berhasil diraih seorang Ealsya Prosa pada masa pandemi ini.

Di mana, penyiar senior Radio Oz Bali yang selama ini juga dikenal sebagai owner ‘Dapur Mamaca’, muncul sebagai pemenang dalam kompetisi resep masakan serangkaian ‘Program Medagang Kreatif #2′ yang digelar Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP) bekerja sama dengan Business & Export Development Organization (BEDO).

Ealsya yang memiliki nama lengkap Ealsya Sejuk Prosapuri Putu itu, muncul sebagai pemenang pertama setelah menggunguli puluhan peserta lain yang ambil bagian dalam kompetisi yang berlangsung selama empat bulan tersebut.

Made Pranata, Corporate Affairs Executive di CCEP dalam siaran pernya di Jimbaran, Senin (11/10) mengungkapkan, para pemenang dalam lomba tersebut telah diumumkan pada puncak dari giat ‘Program Medagang Kreatif #2’ yang juga diisi dengan Live Cooking dan Bazar pada Sabtu, 9 Oktober 2021, bertempat di Jimbaran Hub, Kabupaten Badung. 

“Program Medagang Kreatif #2, Kompetisi Resep Masakan, diselenggarakan dengan tujuan membuka peluang alternatif usaha yang terarah, terutama bagi masyarakat yang terdampak pandemi dengan berinovasi pada bisnis kuliner yang menggunakan produk Coca-Cola Europacific Partners Indonesia sebagai bahan campuran pada masakannya,” kata Made Pranata, menjelaskan. 

Made Pranata mengungkapkan, rakaian ‘Program Medagang Kreatif #2’  diawali dengan dibukanya pendaftaran bagi para peserta Kompetisi Resep Masakan pada bulan Juni 2021 lalu. Setiap peserta diwajibkan untuk mendaftarkan resep kreasi mereka yang beragam, mulai dari makanan utama hingga makanan penutup.

Dari ratusan peserta yang mendaftar, akhirnya terseleksi sebanyak 31 peserta yang berkesempatan mendapatkan pelatihan dan pendampingan usaha dari coach profesional dengan materi Menghitung HPP, Kemasan, Pemasaran Digital, Hygiene, Keamanan Pangan, hingga berkesempatan berdiskusi bersama pakar kuliner Indonesia yang dijuluki ‘Ratu Boga Indonesia’, Sisca Soewitomo.

Selama pelatihan para peserta juga mendapatkan tugas dari materi-materi yang diberikan sebagai salah satu indikator penilaian untuk maju ke tahap selanjutnya, ujar Pranata.

Setelah mendapatkan pelatihan bisnis, lanjut dia, peserta mulai memasarkan produknya dengan didampingi oleh coach yang berpengalaman selama 2 bulan, dan hasil penjualan peserta dilaporkan setiap harinya. Laporan tersebut mengukur seberapa jauh keberhasilan peserta dalam memperkenalkan dan memasarkan inovasi produknya melalui media online maupun offline.

Setelah melewati rangkaian program, akhirnya para peserta terpilih menjadi 10 besar untuk mengikuti kegiatan Live Cooking dan Bazar yang diselenggarakan untuk lebih memperkenalkan resep kreasi peserta secara langsung kepada masyarakat, sekaligus pembuatan video tutorial untuk resep masakan peserta yang akan dipublikasikan.

Di arena Live Cooking dan Bazar itu pula kreasi masakan kesepuluh peserta dicicipi langsung oleh para juri untuk nantinya bisa terpilih menjadi 5 besar pemenang, ujar Pranata, memaparkan.

Setelah itu, kegiatan Live Cooking dan Bazar pun ditutup dengan pengumuman lima besar pemenang, diikuti dengan penyerahan hadiah, ucapnya.

Kelima pemenang tersebut, masing-masing juara pertama (I) Ealsya Sejuk Prosapuri Putu (Dapur Mamaca) yang menyajikan resep Fettucini Sprite Saus Tiram, juara kedua (II) Nyoman Sari Utami (Sari Khitchen) menyajikan Cake Pudding Pulpy Orange, dan juara ketiga (III) Avrillia Sekar Bumi Setiawati (Bengkel Roti Cake) menyajikan resep cola Happy Cake.

Untuk juara keempat (IV) jatuh pada Gde Wahyudi SP (Warung Sasti) dengan menyajikan resep Ayam Geprek Sehati, serta juara kelima (V) Ni Made Ayu Sriyanti (Warung Jaya Sempurna) yang menyajikan Resep Ayam Cola Garangasem.

Coca-Cola Europacific Partners Indonesia dan juga BEDO akan terus berkontribusi terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional melalui program-program pengembangan bisnis bagi para pelaku usaha, kata Pranata, penuh semangat.  (LA-JB).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments