DWP Universitas Udayana Laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Pura Ulun Danu Bulian

258 Views

Badung, LAKSARA.ID- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Udayana (Unud) melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) berupa ngayah mareresik di Pura Ulun Danu Bulian, Desa Pancasari pada Jumat (1/10/2021). Dipilihnya Pura Ulun Danu Bulian sebagai tempat pengabdian karena pura ini juga menjadi tempat yang sering dipilih untuk kegiatan LPPM Unud. Sehingga dapat dikatakan, PKM DWP Unud merupakan lanjutan dari program LPPM. DWP Unud aktif berpartisipasi melaksanakan kegiatan penanaman pohon, ngayah mareresik di pura ini. Seluruh anggota DWP Unud turut serta dalam kegiatan ini. 

Kegiatan PKM di Pura Ulun Danu Bulian merupakan rangkaian dari kegiatan rapat rutin bulanan yang dilaksanakan DWP Unud di Handara Golf and Resort. Tidak hanya mareresik, DWP Unud juga memberikan bantuan alat – alat kebersihan berupa tempat sampah dan sapu lidi, serta menghaturkan dana punia. 

Ketua DWP Unud Ny Dayu Bulan Antara menuturkan, kegiatan diawali dengan bersih – bersih di depan pura sampai ke jeroan. Dilanjutkan dengan persembahyangan bersama.

Tahun lalu, kegiatan pengabdian juga dilakukan di tempat yang sama dengan melakukan penanaman pohon. Hasilnya, tahun ini terlihat pohon yang ditanam sudah tumbuh dengan subur. Ia berharap beberapa tahun ke depan, pohon yang ditanam dapat menghasilkan bunga atau buah sehingga bisa digunakan untuk kegiatan upacara di Pura Bulian.

“Saya sebagai ketua sangat bangga dengan ibu – ibu DWP Unud, karena ibu – ibu tidak hanya bisa mengikuti acara – acara formal di berbagai acara yang digelar universitas, tapi juga masih memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap pelestarian lingkungan,” ujarnya.

Seperti yang dilakukan pada hari ini yaitu acara mareresik, yang mana dengan menyumbang tempat sampah, pamedek yang tangkil ke pura diharapkan tumbuh kesadaran untuk membuang sisa bunga, sisa canang di  tempat yang disediakan.

Sehingga secara tidak langsung DWP Unud sangat peduli dengan pelestarian lingkungan yaitu salah satunya dengan menjaga kebersihan dan kesucian pura. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan setiap tahun ke pura atau tempat lain seperti di pura – pura areal kampus baik di Kampus Sudirman maupun di Kampus Bukit.

Acara kemudian dilanjutkan dengan rapat rutin bulanan di Handara Golf and Resort untuk membahas teknis pelaksanaan HUT DWP ke-22 yang akan jatuh pada 7 Desember 2021. Dalam rangkaian acara HUT DWP nantinya akan ada kegiatan berupa tirta yatra dan turnamen bowling yang akan dilaksanakan pada awal Desember sebelum pelaksanaan HUT DWP. Walaupun dalam masa pandemi ini, DWP Unud masih bisa berkegiatan dan berkarya dengan baik, berguna bagi masyarakat di sekitar.

Jero Mangku Pura Ulun Danu Bulian Nengah Hartawan mengucapkan terima kasih kepada ibu – ibu DWP Unud yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian di Pura Bulian. Ia berharap, instansi lain dapat melakukan hal yang sama, tidak hanya fokus pada pekerjaan tapi juga menyeimbangkan diri dengan beryadnya, walaupun dengan ngayah. Menurutnya, bhakti kepada Tuhan tidak hanya dengan sembahyang atau muspa, tapi juga dapat dilakukan dengan ngayah, seperti yang dilakukan ibu – ibu DWP Unud. (LA-BD).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *