Rabu, Juli 17, 2024
BerandaAdvertorialBupati Gede Dana Hadiri Ritual di Pura Gumang, Memohon Gering Agung Segera...

Bupati Gede Dana Hadiri Ritual di Pura Gumang, Memohon Gering Agung Segera Berakhir

Karangasem, LAKSARA.ID- Bupati Karangasem Gede Dana didampingi Wakil Bupati Wayan Arta Dipa dan Ketua DPRD Karangasem Wayan Suastika menghadiri acara Ngresigana, Tabuh Gentuh, Labuh Gentuh, Nubung Daging dan Mapeselang yang berlangsung di Pura Luhur Gumang Desa Bugbug Kecamatan Karangasem Kabupaten Karangasem, pada Minggu (19/9/2021).

Kelian Adat Desa Adat Bugbug Nyoman Purwa Ngurah Arsana bersama jajaran prajuru Adat dan Manggala Karya Desa Bugbug didampingi para prajuru adat manca Desa menyambut kedatangan rombongan Bupati di Pura Bugbug. Dalam laporan singkatnya, Ngurah Purwa Arsana menyampaikan Acara Nubung Daging ini dihadiri Ida Batara Sesuunan dari Warga Manca Desa yaitu Desa Adat Bugbug, Bandem, Datah, Jasri dan Desa Ngis. Puncak acara akan diadakan pada tanggal 20 September, sedangkan acara nyineb akan diselenggarakan pada tanggal 2 Oktober mendatang.

Purwa Arsana dalam kesempatan itu menyampaikan banyak terima kasih kepada Bupati Dana dan Pemda Karangasem yang sudah mendukung lancarnya kegiatan ini dengan meminjamkan alat berat untuk penataan kawasan pura. Begitu pula, ungkapan terima kasih disampaikan kepada Pihak Polres Karangasem dan jajaran Kodim Karangasem yang telah membantu kelancaran acara ini.

Bupati Gede Dana dalam sambrama wacananya menyampaikan bahwa Karya Agung ini sangat luar biasa. Bupati menyampaikan bahwa dirinya juga merupakan bagian dari masyarakat Manca Desa, sehingga sangat antusias dan merespon baik sangkaning manah subakti dan mendoakan agar acara nubung daging ini berjalan sukses.

“Para penglingsir kita sudah mengajarkan dan mentata sangat bagus dengan menjalin kekerabatan Manca Desa, untuk kebersamaan dan rasa gotong royong, rasa saling memiliki, walaupun jarang bertemu, tapi pada saat seperti ini semua merasa dan menjadi saudara, andaipun sebelumnya ada riak-riak kecil di masyarakat mari dengan berbesar hati kita saling rangkul sebagai saudara, mari kita sama-sama sukseskan dan doakan acara besar ini, kita mohon juga agar gering agung pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” harapnya.

Mengingat saat ini dalam situasi Covid, maka dalam hal protokol kesehatan Bupati Dana kembali mengingatkan agar para pemimpin desa dan masyarakat agar selalu tetap disiplin dalam hal menerapkan protokol kesehatan. “Karangasem sudah ada di zona kuning, semoga ini menjadi pertanda baik untuk bisa kembali normal dan acara ini juga sudah sesuai dengan arahan pemerintah dengan mentaati protokol kesehatan,” ujarnya.

Sebagai pemimpin wilayah yang kebetulan juga berasal dari Desa Datah yang merupakan warga dari Manca Desa, Bupati Dana berpesan agar warga pasemetonan ikut mengingatkan dirinya selaku pemimpin wilayah dan masyarakat agar tidak sungkan untuk menegur kalau ada kekurangan dalam memimpin, untuk menuju Karangasem Era Baru, Karangasem yang lebih baik.

Saat perjalanan pulang Bupati dan Wakil Bupati Karangasem menyempatkan diri melihat lihat lokasi pura dan berjalan kaki menuruni Bukit Gumang untuk kembali ke Karangasem. Ikut menyertai rombongan Bupati Dana dalam kesempatan itu antara lain Wakapolres Karangasem, Sekda Karangasem, Kajari Karangasem dan jajaran Prokopinda. (LA-KR1).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments