Kamis, Juli 18, 2024
BerandaHeadlinesBupati Dana Support Warga untuk Gerakkan Sektor Pertanian

Bupati Dana Support Warga untuk Gerakkan Sektor Pertanian

Karangasem, LAKSARA.ID – Sektor pertanian selama ini belum maksimal digeluti warga, padahal memiliki sisi positif bagi masyarakat karena tidak rentan isu seperti halnya dunia pariwisata.

Hal ini dikatakan Bupati Karangasem Gede Dana ketika menghadiri acara perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-20 CV Kembang Sari Lestari yang bergerak di bidang peternakan telor, pedaging dan obat dan pakan ternak, pada tanggal 12 Juni 2021. Kegiatan ini bertempat di aula CV Kembang Sari di Desa Pesedagan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.

Dalam sambutanya, Bupati Dana mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kiprah para pengusaha dalam situasi pandemi Covid-19, namun masih bisa menggerakkan dalam roda perekonomian.

“Saya berkeyakinan dalam situasi Covid-19, memang masih ada yang tetap kuat tegak berdiri berusaha di berbagai sektor. Misalnya, sektor pertanian dalam arti luas, mencakup di antaranya juga adalah peternakan,” kata Bupati Dana.

Ditambahkan, dirinya memperhatikan dan mensupport perkembangan sektor pertanian di Karangasem ini sudah dilakukan dalam tempo yang lama. Hal ini sudah seringkali disampaikan baik langsung ataupun melalui media media sosial. Jadi bukan hanya dilakukan semenjak menjadi Bupati Karangasem, bahkan jauh sebelum Covid-19, sewaktu masih menjabat Ketua DPRD Karangasem.

“Saya sudah sering mengedukasi masyarakat bagaimana kita menguatkan sektor pangan kita, saya sudah wanti-wanti kalau kita hanya mengandalkan sektor pariwisata saja sangat rentan resikonya. Contohnya ketika terjadi Perang Teluk, bencana alam, apalagi situasi yang melanda dunia saat ini seperti Covid 19, pariwisata sangat terpuruk. Bahkan dalam situasi di Indonesia dan di Bali terkontradiksi 9,98 persen. Nah, ada provinsi lain yang mengandalkan pertanian jadinya bisa surplus,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, juga diadakan acara kegiatan sosial penyerahan bantuan punia kepada desa adat, beasiswa kepada siswa atau anak angkat yang kurang mampu, insan olahraga Desa Pesedagan dan penyerahan bantuan sembako kepada warga lanjut usia di wilayah setempat.

Sementara itu, pemilik CV Kembang Sari Lestari drh Nengah Rustiawan pada keterangannya mengatakan, perusahaanya ini bergerak di bidang budi daya peternakan ayam ras petelor, obat dan pakan ternak serta berdiri sejak tahun 2001.

“Saya sangat senang dan bahagia Bapak Bupati bisa hadir memberikan support. Kami berharap, semoga sektor peternakan tetap eksis karena sektor pertanian dalam arti luas terbukti paling bisa bertahan di tengah situasi pandemi ini. Apalagi dengan usaha ini, kami bisa sedikit membantu berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan” ujarnya.

Acara ini juga dihadiri Wakil Bupati Karangasem Wayan Arta Dipa, anggota DPRD Propinsi Kadek Darmini, dan anggota DPRD Dapil Manggis Wayan Sunarta dan Nyoman Sumadi, serta sejumlah tokoh masyarakat. (LA-010)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments