DPC PDI Perjuangan Karangasem Gelar Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali

313 Views

Amlapura, LAKSARA. ID – Dengan menetapkan aturan protokol kesehatan (Proses), DPC PDI Perjuangan Karangasem mengadakan sejumlah perlombaan.

Serangkaian HUT ke48 PDI Perjuangan, berbagai macam perlombaan digelar di Kabupaten Karangasem. Salah satunya adalah lomba cerdas cermat Susastra Bali tingkat SD, SMP dan SMA.

Koordinator Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali Ni Kadek Sri Dewi Wahyuni mengatakan, perlombaan ini digelar sebagai bentuk implementasi visi Nangun Sat kerthi loka Bali yang bertujuan meningkatkan budaya literasi generasi muda Bali, khususnya yang ada di Kabupaten Karangasem.

“Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali ini baru pertama kali digelar di Bali dan PDIP lah yang pertama melakukannya,” kata Sri Dewi Wahyuni saat ditemui di Kantor DPC PDIP Karangasem, Jumat (4/6/2021).

Lomba ini juga bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi, yaitu berkualitas, berintegritas, bermutu, profesional dan bermoral, serta memiliki jati diri yang kokoh yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal krama Bali yang terkandung dalam bahasa aksara, dan sastra Bali.

“Ada 27 regu yang mengikuti lomba, terdiri dari 9 regu tingkat SD, 9 regu tingkat SMP, dan 9 regu tingkat SMA dan masing-masing regu terdiri dari 3 orang peserta,” kata Sri Dewi Wahyuni.

Sri Dewi Wahyuni menambahkan seluruh peserta akan mengikuti babak penyisihan hari ini dan akan dipilih 3 peserta terbaik dari tingkat SD, SMP dan SMA untuk kembali diadu pada babak final yang akan digelar besok (5/6/2021).

“Besok kita akan melaksanakan babak final Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali ini sekaligus penyerahan hadiahnya bagi para pemenang lomba,” imbuh Sri Dewi Wahyuni.

Untuk para pemenang mulai dari tingkat SD, SMP, SMA nantinya akan dikirim ke provinsi untuk kembali diadu dengan para pemenang dari kabupaten yang lain.

Dengan Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali ini diharapkan untuk ke depannya dapat meningkatkan kualitas dari para siswa yang mengikuti lomba agar menjadi cerdas dan cermat dalam hal bahasa, aksara dan sastra Bali.

“Saat ini, generasi muda jarang ada yang fasih dalam hal bahasa, aksara maupun sastra Bali. Jadi, dengan lomba ini diharapkan generasi muda Bali menjadi lebih antusias lagi untuk mempelajari hal tersebut. Selain itu lomba ini juga untuk mengimplementasikan visi Gubernur Bali,” kata Sri Dewi Wahyuni mengharapkan.

Untuk panitia Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali ini, selain dari DPC PDIP Karangasem juga melibatkan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karangasem. (LA-010)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *