Kamis, Juli 18, 2024
BerandaAdvertorialDewan Karangasem Gelar Rapat Paripurna, Tindaklanjuti Penetapan KPU tentang Bupati dan Wakil...

Dewan Karangasem Gelar Rapat Paripurna, Tindaklanjuti Penetapan KPU tentang Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Amlapura, LAKSARA.ID – Menjalankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karangasem menggelar rapat paripurna terkait penetapan pemenang Bupati dan Wakil Bupati Karangasem terpilih, bertempat di ruang rapat paripurna gedung dewan di Amlapura, Kamis (28/1).

Rapat paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Karangasem I Nengah Sumardi, didampingi wakil ketua lainnya, serta diikuti oleh seluruh anggota dewan.

Nengah Sumardi menjelaskan bahwa rapat paripurna kali ini menyampaikan pengumuman usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Karangasem periode 2016-2021. Selain itu juga pengumuman tentang hasil tindak lanjut penetapan KPU tentang Bupati dan Wakil Bupati Karangasem terpilih.

“Sebelum dilakukan pelantikan terhadap bupati dan wakil bupati terpilih, tentu akan ditempuh beberapa proses terlebih dahulu. Yang pertama kita akan usulkan ke Gubernur Bali kemudian dilanjutkan ke Mendagri sebelum nantinya dilakukan pelantikan. Begitu juga dengan pemberhentian bupati dan wakil bupati sebelumnya, juga akan disampaikan,” ujar Sumardi.

Selain itu, pada agenda berikutnya kata Sumardi, juga akan ada pengumuman terkait adanya surat dari DPP PDI Perjuangan tentang proses penggantian ketua DPRD Karangasem definitif.

Seperti yang diketahui, sebelumnya ketua DPRD difinitif dijabat I Gede Dana yang kemudian mengundurkan diri dan maju pada Pilkada yang baru lalu. Sekarang, I Wayan Swastika ditunjuk sebagai ketua definitif yang baru untuk masa jabatan periode 2019-2024.

“Untuk pengambilan sumpah jabatan, kita masih menunggu proses. Hari ini setelah rapat paripurna akan langsung kami proses secepatnya, tentu kami juga akan mengusulkan ke bupati dilanjutkan ke gubernur. Setelah muncul SK gubernur, baru kami akan mengadakan rapat untuk tindak lanjut untuk proses pengambilan sumpah jabatan ketua dewan,” kata Sumardi.

Rapat paripurna DPRD Kabupaten Karangasem tersebut juga tampak dihadiri Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, OPD, Forkopimda, KPU dan Bawaslu Karangasem. Selain itu juga tampak hadir I Gede Dana sebagai calon bupati terpilih hasil penetapan KPU Karangasem yang baru lalu. (LA-010/ADV)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments